Internalisasi nilai-nilai Moderasi Beragama melalui Mentoring Karakter terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama) di Politeknik Negeri Bandung

Iwan, Sanusi (2023) Internalisasi nilai-nilai Moderasi Beragama melalui Mentoring Karakter terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama) di Politeknik Negeri Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 Cover.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3 Bab 1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB III)
5 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV)
6 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
7 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas keragaman agama, ras, etnis, dan golongan lainnya pada mahasiswa Polban. Apabila tidak dikelola dapat menimbulkan konflik dan disintegrasi. Sebagaimana fenomena dewasa ini terjadinya bullying, tawuran, bahkan sampai menghilangkan nyawa orang lain. Hal tersebut dampak dari kurang bahkan tidak adanya sikap toleransi dan moderasi pada diri mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebijakan, program, proses, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama) di Politeknik Negeri Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa sikap moderasi beragama mahasiswa dapat dibentuk oleh kegiatan Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama). Kegiatan tersebut bagian dari pengembangan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Agama di luar kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data melalui proses pengumpulan, reduksi, verifikasi, penarikan simpulan, serta penyajian data. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Kebijakan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama) didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Polban No. 0199/PL1/DL2017 tentang Pelaksanaan Mata Kuliah Pendidikan Agama; 2) Program yang direncanakan yaitu Seleksi Calon Mentor, Sekolah Mentor, Grand Opening Metagama (GOM), Mentoring Gabungan (MenGab), Mentoring Mingguan, dan Grand Closing Metagama (GCM); 3) Proses pelaksanaan diwujudkan melalui transformasi, transaksi, dan transinternalisasi nilai pada kegiatan Seleksi Calon Mentor, Sekolah Mentor, GOM, MenGab, Mentoring Mingguan, dan GCM; 4) Evaluasi terdiri dari evaluasi tujuan, materi, metodologi, narasumber, kepanitiaan, evaluasi berdasarkan waktu mingguan dan temporer, serta evaluasi hasil yang terintegrasi dalam kegiatan Seleksi Calon Mentor, Sekolah Mentor, GOM, MenGab, Mentoring Mingguan, dan GCM; 5) Faktor pendukung dan penghambat terdiri dari faktor pendukung internal dan eksternal serta faktor penghambat internal dan eksternal; 6) Hasil yang diperoleh yaitu tercapai tujuan dapat mewujudkan mahasiswa moderat dengan indikator berkomitmen kepada bangsa, toleransi, anti kekerasan dan radikalisme, serta akomodatif terhadap kebudayaan lokal.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: nilai Modersi Beragama; Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama); Politeknik Negeri Bandung
Subjects: Education > Ethical Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: IWAN SANUSI
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:32
Last Modified: 13 Feb 2024 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84912

Actions (login required)

View Item View Item