Strategi guru tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an kelas XI SMK Bakti Nusantara 666 Bandung

Yuni, Kartika (2023) Strategi guru tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an kelas XI SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 - cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 - abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3 - daftar isi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 - bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 - bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6 - bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB IV)
7 - bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8 - bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 - daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, program tahsin ini telah diterapkan sebagai mata pelajaran wajib bagi peserta didik. Meskipun demikian, banyak di antara mereka, termasuk peserta didik di kelas XI, masih menghadapi kesulitan dalam membaca Al-Qur'an dengan baik. Kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik di kelas ini belum mencapai tingkat yang optimal, yang tercermin dalam penilaian tahsin,dan beberapa peserta didik masih belajar menggunakan metode Iqro'. Oleh karena itu, permasalahan ini membuktikan bahwa program tahsin di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan membaca Al�Qur'an peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, 2) untuk mengetahui strategi dan langkah-langkah yang digunakan oleh guru tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dikelas XI, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan pendukungnya, 4) untuk mengetahui hasil dari penerapan strategi tahsin dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas XI dalam membaca Al-Qur’an. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitiam ini dilakukan pada bulan agustus–september 2023 di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah guru tahsin, sedangkan informan dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI, kepala sekolah SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. Pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul diperiksa dengan tringulasi sumber dan tringulasi metode, yang kemudian dianalisis dengan model interaktif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya kemampuan siswa dalam belajar membaca di kelas XI tergolong baik, hal ini ditandai tercapainya nilai siswa dalam pelajaran tahsin. Strategi yang diterapkan guru tahsin dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas XI diantaranya menggunakan metode resitasi, metode talaqi dan metode iqro’. Dalam penerapan metode ini, didukung dengan sarana prasarana yang cukup lengkap, namun terdapat hambatandilapangan yaitu jumlah guru tahsin yang kurang, rendahnya minat belajar pesertadidik, dan waktu belajar yang sedikit. Hasil dari penerapan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an sangat baik, karena menggunakan berbagai metode dalam mempermudah siswa dalam meningkatkan kemampuan membacanya. Hal ini, ditandai dengan tercapainya nilai siswa dalam pelajaran tahsin dengan berbagai hambatan yang terjadi dilapangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru tahsin; Kemampuan membaca Al-Qur'an
Subjects: Islam Umum > Kamus Agama Islam, Ensiklopedia Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuni kartika
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:48
Last Modified: 22 Feb 2024 04:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84981

Actions (login required)

View Item View Item