Profil keterampilan berpikir kritis (KBKr) siswa pada materi sistem ekskresi menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice: Penelitian pada siswa kelas XII SMAN 1 Cikalongwetan

Nuryani, Ayu Siti (2020) Profil keterampilan berpikir kritis (KBKr) siswa pada materi sistem ekskresi menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice: Penelitian pada siswa kelas XII SMAN 1 Cikalongwetan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) di Indonesia masih tergolong rendah. Padahal pada abad 21 ini penting bagi siswa untuk memiliki KBKr. Diperlukan fakta yang akurat mengenai KBKr siswa yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Tingkat KBKr siswa dapat diketahui melaui tes diagnostik Two Tier Multiple Choice. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Keterampilan berpikir kritis (KBKr) siswa, 2) tingkat penguasaan setiap indikator KBKr, 3) respon siswa terhadap penggunaan tes diagnostik Two Tier Multiple Choice. Metode dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif melalui survey dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan nilai rata-rata tes diagnostik Two Tier Multiple Choice diketahui bahwa KBKr siswa pada materi sistem ekskresi tergolong dalam kategori kritis dengan nilai sebesar 73,75. Adapun tingkat penguasaan siswa pada indikator memberikan penjelasan sederhana yaitu sebesar 68% dengan kategori tinggi, indikator membangun keterampilan sebesar 81% dengan kategori sangat tinggi, indikator menyimpulkan sebesar 56% dalam kategori sedang, indikator membuat penjelasan lebih lanjut ini sebesar 63% dengan kategori tinggi, dan indikator strategi serta taktik sebesar 74%% dengan kategori tinggi. Respon siswa terhadap penggunaan tes diagnostik Two Tier Multiple Choice yang digunakan untuk mengukur KBKr pada materi sistem ekskresi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Profil, KBKr; tes diagnostik; Two Tier Multiple Choice; sistem ekskresi
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ayu Siti Nuryani
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:37
Last Modified: 21 Feb 2024 01:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85003

Actions (login required)

View Item View Item