Pengaruh penerapan nilai Hablun-Min-Al'alam terhadap ketenangan jiwa : Study kasus anggota aktif UKM MAHAPEKA Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Komalasari, Safitri Setiawati (2023) Pengaruh penerapan nilai Hablun-Min-Al'alam terhadap ketenangan jiwa : Study kasus anggota aktif UKM MAHAPEKA Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_cover)
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_Abstrak)
ABSTRAK1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_daftar isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_ bab1)
BAB I.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text (5_bab2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (6_bab3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (7_bab4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (8_bab5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (9_daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, alam tidak hanya digunakan sebagai sandaran kebutuhan pangan manusia saja namun juga sebagai kebutuhan emosial. Sebagaimana diketahui bahwasannya saat ini alam dijadikan sebagai objek pemenuhan kebutuhan emosional atau terapi diri. Nyatanya permasalahan yang muncul adalah banyak orang yang mengaku pada kondisi emosional yang tidak stabil mengalihkan dirinya pada aktifitas untuk menikmati keindahan alam sebagai upaya mencari ketenangan. Menanggapi hal tersebut, studi literatur tentang eksistensi dan kebermanfaatan dari alam itu sendiri perlu dikembangan. Oleh karena itu, pada penelitian ini yang berkaitan dengan alam dan jiwa manusia yang berjudul Pengaruh Penerapan Nilai Hablun-Min-Al’ālam Terhadap Ketenangan Jiwa (studi kasus anggota aktif unit kegiatan mahasiswa pecinta kelestarian Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung). Penelitin ini dilakukan untuk mengetahui bagaiamana pengaruh penerapan nilai hablun-min-al’ālam terhadap ketenangan jiwa pada anggota Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (MAHAPEKA). Dalam penelitian ini metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan variabel X sebagai variabel independen yaitu hablun-min-al’ālam dan variabel Y sebagai variabel dependen yaitu ketenangan jiwa. Adapun jenis penelitian ini menggunakan jenis studi kasus pada anggota aktif UKM MAHAPEKA di Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan disnisi ialah dengan angket yang memiliki populasi sebanyak 105 anggota MAHAPEKA. Sedangkan pada teknik analisis data penelitian ini diginakan uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 26. Hasil akhir dari pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara fhitung dengan ftabel yaitu nilai ftabel 69,754 dengan tingkat signifikansi 0,000 < ftabel 0,05. Dengan hasil uji penghitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan nilai hablun-min-al’ālam terhadap ketenangan jiwa dengan prosentase korelasi sebesar 58,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hablun-Min-Al’ālam; Ketenangan Jiwa;
Subjects: Psychology
Islam > Sufism
Islam > Specific Moral Issues
Ecology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Safitiri S S rere
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:50
Last Modified: 22 Feb 2024 04:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85040

Actions (login required)

View Item View Item