Jurnalisme warga pada Instagram : Studi deskriptif pada akun Instagram @infotibanjaran.id Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung

Ilman, Fadil (2023) Jurnalisme warga pada Instagram : Studi deskriptif pada akun Instagram @infotibanjaran.id Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Jurnalisme warga merupakan sebuah praktik jurnalistik yang dilakukan oleh warga non-professional. dan New Media merupakan sarana media komunikasi yang terhubung ke internet dan salah satunya adalah media sosial Instagram.Pemanfaatan media sosial Instagram untuk jurnalime warga dilakukan oleh @infotibanjaran.id salah satu media komunitas yang berada di Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Fokus penelitian ini mambahas penerapan jurnalisme warga pada akun instagram @infotibanjaran.id. Penelitian ini berdasarkan 11 unsur jurnalisme warga yang dikemukakan oleh Nugraha (2012) kemudian menjadi fokus penelitian ini. Namun, dibatasi menjadi tiga aspek diantaranya, pengelolaan pelaporan warga, verifikasi kebenaran laporan jurnalisme warga, apresiasi jurnalisme warga.Metode yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil observasi, wawancara dan dokumen. ketiga data diatas dianalisis menggunkanan Teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan cara mengoleh data secara terusmenerus hingga tuntas dan jenuh. Hasil penelitian menunjukkan praktik jurnalisme warga yang dilakukan oleh infotibanjaran.id. Pertama, penerimaan informsi pelaporan warga. Infotibanjaran.id menerima pelaporan melalui beberapa saluran diantaranya direct message instagram, Instagram Story yang menandai akun ini, dan grup warganet yang dikelola langsung oleh infotibanjaran. Kedua, verifikasi kebenaran terhadap laporan warga. Lalu, mengolah informasi yang ada agar sesuai dengan kaidah 5 + 1 H atau menyunting foto dan video yang dikirim agar sesuai aturan yang berlaku.Kedua verifikasi kebenaran dilakukan oleh infotbanjaran menggunakan 5 metode yaitu mengonfirmasi langung kepada pelapor, bertanya kepada grup whatsapp warganet yang di sediakan oleh infotibanjaran.id, memanfaaatkan kolom komentar postingan, bekerjasama dengan pihak kepolisian, dan bekerjasama dengan pihak atau dinas terkait pelaporan warga. Terakhir apresiasi, Infotibanjaran.id tidak memberikan bentuk apresiasi dalam bentuk materil. Namun, Infotibanjaran.id memberikan apresiasi kepada pelapor dengan cara menjembatani laporan warga kepada pihak atau dinas terkait, sehingga laporan warga cepat ditangani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jurnalisme warga; citizen journalism; new media
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Education, Research
Communities > Structure Communities
Communities > Socialist Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Fadil Ilman Pirmansyah
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:25
Last Modified: 23 Feb 2024 03:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85047

Actions (login required)

View Item View Item