Implementasi nilai-nilai Multikultural melalui Hidden Curriculum mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter Cinta Damai : Penelitian di SMP Negeri 40 Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung

Muhammad, Giantomi (2024) Implementasi nilai-nilai Multikultural melalui Hidden Curriculum mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter Cinta Damai : Penelitian di SMP Negeri 40 Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena maraknya tindakan intoleransi, radikalisasi dan kekerasan remaja. Pembentukan karakter cinta damai pada diri peserta didik menjadi langkah efektif dalam membentuk lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif. Maka dari itu, diperlukan penanganan di sekolah melalui hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Tujuan; 2) Program; 3) Bentuk implementasi; 4) Faktor pendukung dan penghambat; dan 5) Keberhasilan implementasi nilai-nilai multikultural melalui hidden curriculum mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter cinta damai di SMP Negeri 40 Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa nilai-nilai multikultural dapat membentuk karakter cinta damai melalui hidden curriculum mata pelajaran PAI yang dilakukan oleh guru PAI dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hidden curriculum sebagai proses tambahan yang mengiringi tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, melengkapi data, menafsirkan data serta penarikan simpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tujuan implementasi nilai-nilai multikultural melalui hidden curriculum mata pelajaran PAI di SMP Negeri 40 Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung adalah mewujudkan peserta didik yang berkarakter cinta damai; 2) Program implementasi nilai-nilai multikultural melalui hidden curriculum mata pelajaran PAI di SMP Negeri 40 Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung dilaksanakan melalui bentuk pembiasaan, pembudayaan, pemberdayaan, dan peneladanan; 3) Bentuk implementasi nilai-nilai multikultural melalui hidden curriculum mata pelajaran PAI di SMP Negeri 40 Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung diwujudkan melalui kegiatan kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler; 4) Faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai multikultural melalui hidden curriculum mata pelajaran PAI di SMP Negeri 40 Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung dipengaruhi oleh faktor pendukung internal (peraturan sekolah dan pembiasaan) dan eksternal (dukungan komite dan alumni) serta faktor penghambat internal (pergaulan peserta didik) dan eksternal (lingkungan masyarakat); dan 5) Keberhasilan implementasi nilai-nilai multikultural melalui hidden curriculum mata pelajaran PAI di SMP Negeri 40 Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung tercapai dengan terwujudnya peserta didik yang berkarakter cinta damai.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Multikultural; Hidden Curriculum; Mata Pelajaran PAI; Karakter Cinta Damai
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Giantomi Giantomi Muhammad Giantomi
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:17
Last Modified: 28 Feb 2024 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85171

Actions (login required)

View Item View Item