Pengaruh model pembelajaran Games Based Learning berbantu Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan

Arifiah, Tiara Nurul (2023) Pengaruh model pembelajaran Games Based Learning berbantu Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Di era industri 4.0, pendidik harus mendesain pembelajaran yang inovatif untuk membantu siswa mewujudkan potensi dirinya secara maksimal. Pembelajaran berbasis games dapat membantu siswa belajar lebih efektif karena membuat siswa senang, tertarik dan termotivasi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Games Based Learning berbantu Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi experiment design. Sampel berjumlah 44 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil belajar aspek kognitif diperoleh melalui pretest-posttest, sedangkan aspek afektif diperoleh dari observasi selama pembelajaran. Pembelajaran materi sistem pencernaan melalui model Game Based Learning berbantu Quizizz mampu membuat siswa berpastisipasi aktif sehingga tahapan pembelajaran terlaksanan sangat baik. Pada kelas eksperimen, siswa tertarik dan termotivasi karena stimulus yang diberikan sehingga memperoleh hasil belajar yang melampaui nilai KKM dengan nilai aspek kognitif sebesar 77 (baik) dan aspek afektif sebesar 90 (sangat baik). Sedangkan pada kelas kontrol, hasil belajar kognitif siswa dibawah KKM dengan nilai rata-rata posttest sebsar 60 (baik), namun hasil belajar afektifnya sebesar 79 (baik) diatas KKM. Hasil analisis statistik diperoleh nilai thitung (4,76) > ttabel (2,018) yang menunjukan adanya perbedaan anatara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model dan media pembelajaran yang digunakan dapat merangsang siswa aktif bekerjasama untuk menganalisis materi sehingga dapat membangun pengetahuan dan sikap yang baik. Siswa juga menyatakan merasa senang, tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran. Pembelajaran materi sistem pencernaan menggunakan model Game Based Learning berbantu Quizizz berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Games Based Learning; Quizizz; Hasil Belajar; Sistem Pencernaan.
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Tiara Nurul Arifiah
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:26
Last Modified: 29 Feb 2024 01:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85195

Actions (login required)

View Item View Item