Nurhabibah, Ritsa Fatimah (2022) Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada materi teori kinetik gas untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
Abstract
Fisika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari. Pada kenyataannya di lapangan memperlihatkan bahwa nilai ulangan harian peserta didik pada mata pelajaran fisika cukup rendah, hal ini dikarenakan tidak menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang mendukung terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, peningkatan hasil belajar kognitif dan respon peserta didik setelah menggunakan E-LKPD pada materi teori kinetik gas. Metode yang digunakan yaitu pre eksperimental dengan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA Al-Azhar, sempel yang dipilih yaitu kelas XI MIA 1 yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kelayakan E-LKPD, tes hasil belajar kognitif serta respon peserta didik. Berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung dan t_tabel yaitu 5,23 dan 2,048 sehingga t_hitung>t_tabel sehingga hipotesis nol dinyatakan ditolak. Dengan ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi dan ahli lapangan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-LKPD ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, berdasarkan uji peningkatan menggunakan N-gain, didapatkan bahwa rerata nilai N-gain yang didapat oleh peserta didik memiliki kategori sedang dengan nilai 0,58, serta berdasarkan angket respon, peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran E-LKPD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD; hasil belajar kognitif; teori kinetik gas; |
Subjects: | Adult Education > Distance Education Physics > Instrumentation of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ritsa Fatimah Nurhabibah |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 07:32 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 07:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85216 |
Actions (login required)
View Item |