Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada materi teori kinetik gas untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik

Nurhabibah, Ritsa Fatimah (2022) Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada materi teori kinetik gas untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Fisika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari. Pada kenyataannya di lapangan memperlihatkan bahwa nilai ulangan harian peserta didik pada mata pelajaran fisika cukup rendah, hal ini dikarenakan tidak menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang mendukung terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, peningkatan hasil belajar kognitif dan respon peserta didik setelah menggunakan E-LKPD pada materi teori kinetik gas. Metode yang digunakan yaitu pre eksperimental dengan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA Al-Azhar, sempel yang dipilih yaitu kelas XI MIA 1 yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kelayakan E-LKPD, tes hasil belajar kognitif serta respon peserta didik. Berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung dan t_tabel yaitu 5,23 dan 2,048 sehingga t_hitung>t_tabel sehingga hipotesis nol dinyatakan ditolak. Dengan ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi dan ahli lapangan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-LKPD ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, berdasarkan uji peningkatan menggunakan N-gain, didapatkan bahwa rerata nilai N-gain yang didapat oleh peserta didik memiliki kategori sedang dengan nilai 0,58, serta berdasarkan angket respon, peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran E-LKPD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; hasil belajar kognitif; teori kinetik gas;
Subjects: Adult Education > Distance Education
Physics > Instrumentation of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ritsa Fatimah Nurhabibah
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:32
Last Modified: 29 Feb 2024 07:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85216

Actions (login required)

View Item View Item