Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam dalam kitab Bidayat al Hidayah untuk mengembangkan karakter religius santri : Studi di Pondok Pesantren Minhajut Thalibin Subang, Nurul Anwar Mubtadiin Subang dan Al Mushlih Karawang

Firdaus, Janatun (2024) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam dalam kitab Bidayat al Hidayah untuk mengembangkan karakter religius santri : Studi di Pondok Pesantren Minhajut Thalibin Subang, Nurul Anwar Mubtadiin Subang dan Al Mushlih Karawang. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pondok pesantren mengalami sejumlah tantangan dalam rangka mengembangkan karakter religius santri, seperti perbedaan tingkat motivasi dan pemahaman, adanya karakter bawaan, kecenderungan malas, serta latarbelakang santri yang berbeda-beda. Salahsatu upaya pesantren dalam mengembangkan karakter religius santri yaitu melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayat al Hidayah. Upaya tersebut dalam rangka menjalankan fungsi pesantren yaitu fungsi tarbiyah (pendidikan), fungsi religius dan fungsi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Program; 2) Proses; 3) Evaluasi; 4) Faktor pendukung dan penghambat; dan 5) Dampak internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayat al Hidayah untuk mengembangkan karakter religius santri di pondok pesantren Minhajut Thalibin Subang, Nurul Anwar Mubtadiin Subang dan Al Mushlih Karawang. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa program pembinaan akidah, ibadah dan akhlak pada santri di pondok pesantren mempunyai dampak terhadap pengembangan karakter religius santri. Melalui pembinaan tersebut, santri memiliki karakter religius berupa sikap bijaksana, berani, menjaga kesucian diri dan adil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, melengkapi data, menafsirkan data serta penarikan simpulan dan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan bahwa: 1) Program internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayat al Hidayah di pondok pesantren Minhajut Thalibin Subang, Nurul Anwar Mubtadiin Subang dan Al Mushlih Karawang melalui program pembinaan akidah, pembinaan ibadah dan pembinaan akhlak; 2) Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayat al Hidayah di ketiga pesantren tersebut dilaksanakan secara tiga tahap yaitu a) Transformasi nilai, b) Transaksi nilai, dan c) Transinternalisasi nilai; 3) Evaluasi internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayat al Hidayah di ketiga pesantren tersebut menggunakan evaluasi afektif yang terdiri dari: a) Pengamatan langsung, b) Penindakan ditempat (mahkamah) c) Keliling d) Laporan kegiatan pembinaan, dan e) Muhasabah; 4) Faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayat al Hidayah di ketiga pesantren tersebut terdiri dari faktor internal dan eksternal; 5) Dampak internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Bidayat al Hidayah untuk mengembangkan karakter religius santri di ketiga pesantren tersebut terwujud pada sikap; a) bijaksana, b) berani, c) menjaga kesucian diri, dan d) adil.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: nilai Pendidikan Islam; kitab Bidayat al Hidayah; karakter religius santri;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: firdaus janatun firdaus janatun
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:17
Last Modified: 29 Feb 2024 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85225

Actions (login required)

View Item View Item