Pengaruh dzikir terhadap tingkat kecemasan siswa kelas XI dalam menghadapi ujian akhir : Studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung

Subagja, Gema (2023) Pengaruh dzikir terhadap tingkat kecemasan siswa kelas XI dalam menghadapi ujian akhir : Studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

Al-Ghazali mengatakan bahwa dzikir merupakan suatu perbuatan untuk mengingat dan berarti upaya bersungguh-sungguh dalam mengendalikan pikiran, pemikiran, dan perhatian manusia menuju Tuhan dan akhirat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh dzikir terhadap tingkat kecemasan, Kemudian untuk mengetahui bagaimana tingkat kecemasan siswa serta mengetahui hasil dari pengaruh dzikir terhadap tingkat kecemasan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif sebab nantinya dapat mendukung peneliti untuk mengolah data yang didapat dari suatu sampel yang diambil dan mengolahnya dengan metode statistika. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi dan uji hipotesis. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung. Populasi pada penelitian ini berjumlah 175 orang sedangkan sampel yang diambil adalah dari penjumlahan data 175 x 25% = 43,75. Jadi sampel yang diambil adalah 45 orang. Sedangkan hasil pengukuran tingkat kecemasan pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung berdasarkan kategorisasi terdapat 6 responden yang masuk dalam kategori rendah dengan nilai persentase sebesar 13.5 %. 33 responden yang masuk dalam kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 73% dan 6 responden yang masuk ke dalam kategori tinggi dengan nilai persentase sebesar 13.5 %. Adapun hasil dari uji hipotesis penelitian ini adalah dapat diketahui nilai signifikasi sebesar 0,00 lebih kecil dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh antara Dzikir (X) terhadap tingkat Kecemasan (Y). Adapun untuk peneliti yang akan mengadakan penelitian selanjutnya agar dapat mencari variabel serta indikator lain yang dapat mempengaruhi tingkat kecemasan seseorang dalam penelitiannya agar mendapatkan hasil yang beragam dan tentunya ada suatu pembaharuan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Dzikir; Tingkat Kecemasan
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam
Islam > Dhikr, Qiblah
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Gema Subagja
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:43
Last Modified: 04 Mar 2024 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85247

Actions (login required)

View Item View Item