Penerapan metode permainan Bingo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Cikapayang

Kurniati, Nika (2023) Penerapan metode permainan Bingo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Cikapayang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas IV MI Cikapayang yang sebagian besar hasil belajar pada pembelajaran PPKn tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dibuktikan dengan wawancara terstruktur bersama wali kelas serta tes objektif pra siklus yang memperoleh nilai rata-rata 64,64 dengan ketuntasan klasikal 46% kategori “Sangat Kurang” yang menghasilkan 12 orang siswa tuntas dan 16 siswa tidak tuntas mencapai KKM. Hal tersebut disebabkan oleh siswa yang tidak aktif selama pembelajaran berlangsung, suasana belajar yang monoton serta penggunaan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode permainan bingo. 2) Proses penerapan metode permainan bingo pada setiap siklusnya. 3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode permainan bingo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran (mix method), yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil belajar siswa pada tahap sebelum penerapan metode permainan bingo pada mata pelajaran PPKn di kelas IV MI Cikapayang memperoleh nilai rata-rata 64,64 dengan ketuntasan klasikal 46% kategori sangat kurang. 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode permainan bingo memperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I 67% dengan kategori baik, kemudian siklus II meningkat sebesar 81% dengan kategori baik. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I 65% dengan kategori baik, kemudian siklus II meningkat sebesar 95% dengan kategori sangat baik. 3) Hasil belajar siswa pada tahap setelah penerapan metode permainan bingo mengalami suatu peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36% kategori cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,21 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% kategori sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode permainan bingo dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Cikapayang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode konvensional; permainan bingo; hasil belajar
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Game of Chance > Games with Numbers
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nika Kurniati
Date Deposited: 08 Mar 2024 05:31
Last Modified: 08 Mar 2024 05:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85304

Actions (login required)

View Item View Item