Erwinda, Novita (2021) Efektivitas penggunaan media interaktif courselab untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas x MA Al-Imaroh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan media interaktif Courselab untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Instrumen terdiri dari tes kemampuan representasi matematis dan non tes berupa angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media interaktif Courselab. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan: (a) Gambaran keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dikategorikan baik berdasarkan hasil rata-rata pada lembar observasi; (b) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan media interaktif Courselab memperoleh rata-rata skor N-Gain yang tidak jauh berbeda dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sehingga tidak ada perbedaan peningkatan siswa yang menggunakan media interaktif Courselab dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) Efektivitas siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media interaktif Courselab memiliki tingkat efisien yang rendah daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (d) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika dan media interaktif Courselab masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat dikatakan bahwa jika dilihat dari rata-rata skor N-Gain dan respon siswa maka penggunaan media interaktif Courselab dapat dikatakan kurang efektif dan masih terus ditingkatkan dan diperhatikan lagi baik itu dari guru maupun dari siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Courselab; Kemampuan Representasi Matematis |
Subjects: | Mathematics > Research Methods of Mathematics Mathematics > Mathematicians |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Novita Erwinda |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 02:57 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 02:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85313 |
Actions (login required)
View Item |