Ramadhani, Tasya (2024) Penerapan media sosial Instagram berbasis proyek pada topik dampak produk polimer sintetis untuk mengembangkan literasi lingkungan siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama penerapan media sosial Instagram berbasis proyek, menganalisis kemampuan siswa dalam mengerjakan LKPD, menganalisis pengembangan literasi lingkungan siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa setelah menggunakan Instagram dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode one-shot case study dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa kelas XII MIPA SMA Terpadu Bandung. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, media Instagram, LKPD, tes literasi lingkungan, dan angket sikap literasi lingkungan, serta angket tanggapan siswa setelah menggunakan Instagram dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 95% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kinerja siswa dalam mengerjakan lembar kerja sebesar 85 dengan interpretasi sangat baik. Hasil tes literasi lingkungan siswa mendapatkan nilai rata-rata 64 dengan interpretasi baik dan hasil angket sikap literasi lingkungan mendapatkan nilai rata-rata 73 dengan interpretasi baik. Adapaun, hasil angket tanggapan siswa setelah pembelajaran menggunakan Instagram menunjukkan sebanyak 15% siswa yang sangat setuju, 71% setuju, dan siswa yang tidak setuju sebanyak 13%, serta sangat tidak setuju sebanyak 1%. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan media sosial Instagram berbasis proyek pada topik dampak produk polimer sintetis dapat mengembangkan literasi lingkungan siswa dengan interpretasi baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram; Literasi Lingkungan; Pembelajaran Berbasis Proyek; Polimer Sintetis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Chemistry and Allied Science Ecology > Environmental Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Tasya Ramadhani |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 06:57 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 06:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85326 |
Actions (login required)
View Item |