Manajemen peserta didik untuk meningkatkan prestasi non-akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kecamatan Cianjur : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cianjur

Laraswati, Nadia (2024) Manajemen peserta didik untuk meningkatkan prestasi non-akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kecamatan Cianjur : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan wadah bagi siswa untuk menyalurkan minat dan bakat siswa dan membantu mengembangkan potensi diri dalam meningkatkan prestasi peserta didik menjadi penting. Selain banyak sekolah yang dikenal masyarakat karena prestasi di bidang akademis, tidak sedikit pula sekolah yang menjadi pilihan masyarakat karena memiliki prestasi di bidang non-akademis, yang diantaranya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya manajemen eksrakurikuler yang baik maka akan menghasilkan prestasi pada bidang non akademik. MAN 1 Cianjur merupakan salah satu Madrasah yang telah banyak melahirkan siswa dengan prestasi non akademik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti di Madrasah tersebut. Dengan fokus penelitian (1) Perencanaan manajemen kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi non akademik siswa di MAN 1 Cianjur; (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi non akademik di MAN 1 Cianjur; (3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi non akademik di MAN 1 Cianjur (4) Prestasi non akademik yang dihasilkan . Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan terknik triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang tersiri atas reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah perencanaan kegiatan ekstrakurikuler sudah diterapkan dengan baik penyusunan program kegiatan ekstrakurikuler melalui program rutin dan prioritas yang meliputi yaitu a) menanamkan nilai-nilai Islam; b) pembentukan ekstrakurikuler terpadu; c) peningkatan prestasi non-akademik siswa. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi : a) pembinaan secara kontinyu dan berkelanjutan; b)student day; c)mengadakan seleksi; d) pengiriman duta ke luar sekolah. Pelaksanaan evaluasi dilakukan dalam beberapa tahap. a) tiap minggu, b), tiap bulan c), akhir tahun dilaporkan kepada kepala sekolah. Teknik evaluasinya meliputi tes tertulis dan praktek dan rapat koordinasi tim ekstrakurikuler. Prestasi non akademik yang dihasilkan meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Peserta didik; Ekstrakurikuler; Prestasi Siswa
Subjects: Customs of People > Organization and Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadia Laraswati
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:05
Last Modified: 05 Mar 2024 02:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85372

Actions (login required)

View Item View Item