Komunikasi lintas agama masyarakat perkotaan dalam Moderasi Beragama : Studi Etnografi di Kampung Toleransi Kelurahan Paledang Kecamatan Lengkong Kota Bandung

Gunawan, Aji (2023) Komunikasi lintas agama masyarakat perkotaan dalam Moderasi Beragama : Studi Etnografi di Kampung Toleransi Kelurahan Paledang Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Kota Bandung merupakan kota yang padat penduduknya dengan keragaman multikultur di dalamnya, seiring perkembangan waktu, dideklarasikanlah tahun 2017 sebuah miniatur keberagaman antar umat beragama yaitu Kampung Toleransi. Kampung ini terletak di RW 02 Gang Ruhana Kelurahan Paledang Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Peneliti memfokuskan pada bentuk, ragam, dimensi interaksi serra tindakan sosial dari komunikasi lintas agama dalam perspektif moderasi beragama. Untuk memahami hal tersebut memuat fokus penelitian mengenai tindakan sosial dari komunikasi lintas agama di Kampung Toleransi Kelurahan Paledang Kecamatan Lengkong Kota Bandung, peran pemuka agama yang terdapat di Kampung Toleransi Paledang Kecamatan Lengkong Kota Bandung dalam moderasi beragama, peran aktif masyarakat perkotaan di Kampung Toleransi Paledang Kecamatan Lengkong Kota Bandung dalam moderasi beragama. Relevansi dalam memahami karakteristik masyarakat perkotaan yang dinamis diperlukan beberapa pendekatan yang komprehensif dalam memahami pertukaran interaksi simbolik yang diwujudkan dalam sebuah tindakan sosial.Penelitian ini mendasarkan pada pemahaman teori tindakan sosial Max Webber dan interkasionisme simboliknya George Herbert Mead. Penelitian kualitatif pendekatan metode penelitian studi etnografi dalam mendeskripsikan hasil temuan disesuikan dengan karakteristik fokus penelitan yang terjadi di lokasi penelitian. Dilakukannya pengumpulan data melalui serangkaian observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan fokus penelitian maka ditemukannya konsep kerukunan antar umat beragama bagi masyarakat perkotaan. Menghasilkan gagasan umum dari adanya masyarakat yang harmonis diimplementasikan dalam moderasi beragama di lingkungan Kampung Tolerasnsi RW 02 Kelurahan Paledang Kecamatan Lengkong Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Lintas Agama; Moderasi Beragama; Masyarakat.
Subjects: Associations for Religions Work
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aji Aji Gunawan
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:24
Last Modified: 07 Mar 2024 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85457

Actions (login required)

View Item View Item