Pengembangan e-modul berbasis Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi Fluida dinamis

Ashari, Dini (2024) Pengembangan e-modul berbasis Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi Fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik terjadi karena kurangnya sumber belajar yang mampu menstimulus untuk melakukan pemecahan masalah, belum maksimalnya pemanfaatan teknologi dan kurangnya penerapan indikator pemecahan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dikembangkanlah e-modul berbasis LAPS-heuristik sebagai sumber dan media pembelajaran yang mampu melatih dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan e-modul berbasis LAPS-heuristik, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis LAPS-heuristik dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan e-modul berbasis LAPS-heuristik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik XI MIPA 2 sebanyak 31 dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis LAPS-heuristik e-modul berbasis LAPS-heuristik layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil koefisien validitas sebesar 1 dengan interpretasi sangat tinggi, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis LAPS-heuristik pada aktivitas guru mencapai persentase 91% dan pada aktivitas peserta didik mencapai persentase 89% serta peningkatan keterampilan pemecahan masalah berada pada kategori tinggi dengan rata-rata N-gain sebesar 0,72.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul; fluida dinamis; keterampilan pemecahan masalah; LAPS-heuristik.
Subjects: Education > Statistic of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dini Ashari
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:44
Last Modified: 13 Mar 2024 04:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85506

Actions (login required)

View Item View Item