Ashari, Dini (2024) Pengembangan e-modul berbasis Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi Fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik terjadi karena kurangnya sumber belajar yang mampu menstimulus untuk melakukan pemecahan masalah, belum maksimalnya pemanfaatan teknologi dan kurangnya penerapan indikator pemecahan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dikembangkanlah e-modul berbasis LAPS-heuristik sebagai sumber dan media pembelajaran yang mampu melatih dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan e-modul berbasis LAPS-heuristik, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis LAPS-heuristik dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan e-modul berbasis LAPS-heuristik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik XI MIPA 2 sebanyak 31 dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis LAPS-heuristik e-modul berbasis LAPS-heuristik layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil koefisien validitas sebesar 1 dengan interpretasi sangat tinggi, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis LAPS-heuristik pada aktivitas guru mencapai persentase 91% dan pada aktivitas peserta didik mencapai persentase 89% serta peningkatan keterampilan pemecahan masalah berada pada kategori tinggi dengan rata-rata N-gain sebesar 0,72.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul; fluida dinamis; keterampilan pemecahan masalah; LAPS-heuristik. |
Subjects: | Education > Statistic of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dini Ashari |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:44 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 04:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85506 |
Actions (login required)
View Item |