Pengaruh penerapan metode At-Taisir terhadap motivasi belajar dan kemampuan menghafal Al-Qur'an pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Insan Madani

Pitriyadi, Sandi Wijaya (2023) Pengaruh penerapan metode At-Taisir terhadap motivasi belajar dan kemampuan menghafal Al-Qur'an pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Insan Madani. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Insan Madani, diperoleh informasi bahwa guru telah menerapkan metode pembelajaran dengan memberikan langkah�langkah, seperti memberikan stimulus atau motivasi kepada peserta didik. Namun, motivasi dan kemampuan menghafal peserta didik belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan di sekolah, yaitu sebesar 75. Oleh karena itu, diperlukan metode baru untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menghafal Al-Qur'an peserta didik, dan salah satunya adalah dengan menggunakan metode at-taisir. Tujuan dalam penelitian ini dimaksud: 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode at-taisir pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Insan Madani, 2) untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dengan metode at-taisir dan talaqqi pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits 3) untuk mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur'an peserta didik dengan metode at-taisir dan talaqqi pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, 4) untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode at-taisir dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal Al-Qur’an di MTs Insan Madani. Berdasarkan teori yang ada penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa penggunaan metode pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap timbulnya aktivitas belajar yang kondusif, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menghafal Al-Quran peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Insan Madani sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji statistik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penerapan metode at-taisir dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah dan direalisasikan dalam kegiatan inti pembelajaran. 2) perbedaan motivasi belajar kelas eksperimen setelah menggunakan metode at-taisir memperoleh rata-rata 88% yang termasuk kategori sangat tinggi. Sedangkan kelas kontrol setelah menggunakan metode talaqqi memperoleh rata-rata 51% dan termasuk kategori cukup. 3) perbedaan kemampuan peserta didik setelah penerapan metode at-taisir memperoleh rata-rata 83,18 dan termasuk kategori sangat baik. Sedangkan peserta didik setelah diterapkan metode talaqqi rata-ratanya 61,05 dan termasuk kategori cukup. 4) tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode at-taisir memperoleh rata-rata angket sebesar 92% atau memiliki tanggapan yang sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode at-taisir dapat membantu dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan menghafal peserda didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode at-taisir; motivasi belajar; kemampuan menghafal al-qur'an;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pitriyadi Sandi Wijaya
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:40
Last Modified: 19 Mar 2024 01:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85576

Actions (login required)

View Item View Item