Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler Pramuka : Studi di Madrasah Tsanawiyah Assalam Salem kabupaten Brebes dan Madrasah Tsanawiyah Al Irfan Tanjungsari kabupaten Sumedang

Samsudin, Agus (2024) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler Pramuka : Studi di Madrasah Tsanawiyah Assalam Salem kabupaten Brebes dan Madrasah Tsanawiyah Al Irfan Tanjungsari kabupaten Sumedang. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 Cover revisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK 3 bahasa.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi bahwa tingkat intoleransi, kecenderungan mudah marah, dan sikap berlebih-lebihan yang terdapat pada siswa madrasah masih terbilang tinggi. Padahal, madrasah merupakan tempat pendidikan Islam yang berorientasi pada sikap moderat. Dengan demikian, penelitian ini berusaha mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan mendorong siswa madrasah untuk memiliki sikap moderat, toleran, dan terhindar dari sikap berlebih-lebihan yang dapat merusak nilai-nilai agama dan etika hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: tujuan, program, implementasi, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat serta keberhasilan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Tsanawiyah Assalam Kecamatan Salem Kabupaten Brebes dan Madrasah Tsanawiyah Al Irfan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Penelitian ini juga didasarkan pada pemikiran bahwa nilai-nilai moderasi beragama dapat diinternalisasi dengan efektif dan efisien di Tingkat madrasah tsanawiyah melalui ekstrakurikuler Pramuka sebagai ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh setiap peserta didik karena di dalamnya terdapat nilai-nilai yang sesuai dengan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative research) menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan memilah data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tujuan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler Pramuka di MTs Assalam Salem dan MTs Al Irfan Tanjungsari adalah untuk membentuk peserta didik yang moderat 2) program internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler Pramuka di kedua madrasah tersebut diwujudkan melalui program Pramuka, terdiri dari program mingguan, bulanan, semester, tahunan, dan insidental 3) implementasi program internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler Pramuka di kedua madrasah tersebut diwujudkan melalui langkah-langkah kongkret mulai dari perencanaan, pemilihan materi, pelibatan sumber daya manusia, penggunaan pendekatan dan metode pembelajaran, latihan, evaluasi serta tahapan-tahapan internalisasi meliputi transformasi, transaksi dan trans-internalisasi nilai 4) evaluasi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler Pramuka di kedua madrasah tersebut dilakukan melalui evaluasi tujuan, evaluasi proses, evaluasi program dan evaluasi dampak 5) faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler Pramuka di kedua madrasah tersebut terdiri dari faktor pendukung dan penghambat internal dan eksternal 6) keberhasilan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui ekstrakurikuler Pramuka di kedua madrasah tersebut berupa terwujudnya sikap moderat peserta didik.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Moderasi Beragama; Ekstrakurikuler Pramuka
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Agus Samsudin
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:55
Last Modified: 14 Mar 2024 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85621

Actions (login required)

View Item View Item