Respon warganet terhadap gaya khitobah Halimah Alaydrus: Studi deskriptif terhadap akun youtube @Ustadzah Halimah Alaydrus channel

Pertiwi, Mayang Sri (2024) Respon warganet terhadap gaya khitobah Halimah Alaydrus: Studi deskriptif terhadap akun youtube @Ustadzah Halimah Alaydrus channel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Halimah Alaydrus merupakan seorang pendakwah yang menjadi sorotan belakangan ini karena berdakwah di berbagai media sosial tanpa memperlihatkan wajahnya. Gaya khitobahnya yang khas dan menyentuh hati membuat warganet memberikan berbagai respon seperti respon pemahaman, penerimaan, dan respon keinginan terhadap dakwah yang disampaikan. Tujuan pada penelitian ini yakni untuk mengetahui: (1) Bagaimana pemahaman warganet terhadap ceramah Ustadzah Halimah Alaydrus; (2) Bagaimana penerimaan warganet terhadap ceramah Ustadzah Halimah Alaydrus; dan (3) Adakah keinginan warganet untuk melaksanakan pesan dari ceramah Ustadzah Halimah Alaydrus. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R dari Hovland yang berasumsi bahwa respon atau perubahan perilaku seseorang tergantung dari kualitas stimulus yang diberikan pada organism. Teori pada penelitian ini memiliki tiga unsur yakni: (1) Pesan (stimulus) pada penelitian ini adalah 12 video ceramah Ustadzah Halimah Alaydrus yang diupload selama bulan Desember 2022; (2) Komunikan (organism) pada penelitian ini adalah warganet yang berkomentar pada video ceramah tersebut; dan (3) Efek (Response) pada penelitian ini adalah isi komentar pada video ceramah tersebut. Metode pada penelitian ini yakni metode analisis deskriptif kualitatif dengan observasi, studi literatur dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Observasi dilakukan pada isi komentar dari 12 video ceramah Ustadzah Halimah Alaydrus yang diunggah selama bulan Desember 2022 yakni sebanyak 847 komentar. Studi literatur dan dokumentasi dilakukan pada berbagai buku, dan jurnal yang dapat menunjang topik penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa stimulus yang diberikan Ustadzah Halimah Alaydrus berupa video ceramah memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga bisa membuat warganet sebagai organism memberikan response berupa komentar sebanyak 8,50% menunjukkan bertambahnya pemahaman, sebanyak 77,33% menunjukkan adanya penerimaan terhadap pesan yang disampaikan, sebanyak 14,05% menunjukkan adanya keinginan warganet untuk melaksanakan pesan yang disampaikan, dan sebanyak 0,12% menunjukkan adanya penolakan dari dakwah beliau. Berdasarkan hasil komentar yang telah menunjukkan respon pemahaman, penerimaan, dan respon keinginan yang bagus, maka gaya khitobah Ustadzah Halimah Alaydrus dapat dikatakan sebagai gaya khitobah masa kini yang patut dicontoh dan dikembangkan oleh para da’i dan da’iyah lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon; Warganet; Khitobah; Youtube
Subjects: Communities > Specific Kinds of Communities
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mayang MSP Pertiwi
Date Deposited: 30 May 2024 07:18
Last Modified: 30 May 2024 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85652

Actions (login required)

View Item View Item