Putri, Dinda Nabila Regina (2024) Perbandingan literasi sains peserta didik melalui implementasi model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran RQA pada materi Energi Terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan pada abad 21 mendorong peserta didik untuk memiliki berbagai kompetensi salah satunya adalah kompetensi literasi sains. Namun, kompetensi literasi sains peserta didik di lapangan masih rendah. Terdapat alternatif yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains yaitu dengan menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) dan Model Pembelajaran RQA (Reading, Questioning, and Answering). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran RQA dan mengetahui perbandingan literasi sains peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran RQA pada materi energi terbarukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent multiple group design. Sampel penelitian adalah peserta didik SMAN 1 Cipeundeuy kelas X I sebanyak 35 orang dan kelas X K sebanyak 36 orang. Keterlaksanaan model pembelajaran RADEC memperoleh persentase 88% dan model pembelajaran RQA sebesar 90%, kedua model pembelajaran dapat diterapkan dengan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbandingan hasil kompetensi literasi sains peserta didik yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran RQA. Namun, model pembelajaran RADEC memiliki potensi yang lebih tinggi untuk meningkatkan kompetensi literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Energi terbarukan; literasi sains; model pembelajaran RADEC; model pembelajaran RQA |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dinda Nabila Regina Putri |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 01:10 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 01:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85717 |
Actions (login required)
View Item |