Perbandingan literasi sains peserta didik melalui implementasi model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran RQA pada materi Energi Terbarukan

Putri, Dinda Nabila Regina (2024) Perbandingan literasi sains peserta didik melalui implementasi model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran RQA pada materi Energi Terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan pada abad 21 mendorong peserta didik untuk memiliki berbagai kompetensi salah satunya adalah kompetensi literasi sains. Namun, kompetensi literasi sains peserta didik di lapangan masih rendah. Terdapat alternatif yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains yaitu dengan menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) dan Model Pembelajaran RQA (Reading, Questioning, and Answering). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran RQA dan mengetahui perbandingan literasi sains peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran RQA pada materi energi terbarukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent multiple group design. Sampel penelitian adalah peserta didik SMAN 1 Cipeundeuy kelas X I sebanyak 35 orang dan kelas X K sebanyak 36 orang. Keterlaksanaan model pembelajaran RADEC memperoleh persentase 88% dan model pembelajaran RQA sebesar 90%, kedua model pembelajaran dapat diterapkan dengan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbandingan hasil kompetensi literasi sains peserta didik yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran RQA. Namun, model pembelajaran RADEC memiliki potensi yang lebih tinggi untuk meningkatkan kompetensi literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Energi terbarukan; literasi sains; model pembelajaran RADEC; model pembelajaran RQA
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dinda Nabila Regina Putri
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:10
Last Modified: 18 Mar 2024 01:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85717

Actions (login required)

View Item View Item