Pengaruh pola asuh demokratis orangtua terhadap motivasi belajar PAI : Penelitian kuantitatif pada siswa kelas VIII Mts Al-Huda Arjasari

Saepulloh, Wahyu (2024) Pengaruh pola asuh demokratis orangtua terhadap motivasi belajar PAI : Penelitian kuantitatif pada siswa kelas VIII Mts Al-Huda Arjasari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
daftar isi fix.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar pada diri siswa dengan perilaku malas belajar, sehingga motivasi belajar masih terbilang rendah. Pola asuh demokratis adalah salah satu cara mendidik orang tua terhadap anaknya sehingga timbul motivasi belajar. Pola asuh demokratis menjunjung pengakuan terhadap pendapat anak, sehingga timbul sifat keterbukaan. Anak dapat berpendapat secara bebas namun dapat dipertanggung jawabkan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Untuk Mengetahui Pola Asuh Demokratis Orang Tua Siswa Kelas VIII Di Mts Al Huda Arjasari .(2)Untuk Mengetahui Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di Mts Al Huda Arjasari.(3)Untuk Mengetahui Apakah Terdapat Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di Mts Al Huda Arjasari. Berdasarkan teori yang terkandung dalam penelitan ini dilandaskan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI salah satunya dipengaruhi oleh faktor internal yaitu pola asuh demokratis orang tua. Dari asumsi tersebut dapat diajukan sebuah hipotesis, pola asuh demokratis baik maka akan semakin tinggi motivasi beajar siswa pada mata pelajaran PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode korelasional. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang di dalamnya terdapat populasi dan sampel, dengan sumber data sekunder sebagai sumber pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis validitas dan reliabilitas, analisis korelasi, serta analisis hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pola asuh demokratis orang tua siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiah Al Huda tergolong ke dalam ketegori sangat baik, hal tersebut berdasarkan hasil perhitungan angket dengan rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 69,01 yang berada pada interval 60-75. (2) Motivasi belajar PAI siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiah Al Huda tergolong ke dalam ketegori sangat baik, hal tersebut berdasarkan hasil perhitungan angket dengan rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 65,04 yang berada pada interval 60-75.(3) Analisis pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Al Huda mempunyai koefisien korelasi sebesar 53,8% artinya cukup atau sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung (5,071) > t tabel (1,670), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Derajat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 29%, sedangkan sisanya 71% dipengaruhi oleh variabel atau factor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola asuh demokratis; motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam(PAI )
Subjects: Education, Research
Psychology > Education of Psychology
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyu Saepulloh
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:10
Last Modified: 20 Mar 2024 01:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85772

Actions (login required)

View Item View Item