Efektivitas implementasi kebijakan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan umum di Dinas Perhubungan Kota Bandung : Peraturan Daerah nomor 3 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Retribusi di Bidang Perhubungan

Setiawan, Gita Aulia Fitriyani (2024) Efektivitas implementasi kebijakan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan umum di Dinas Perhubungan Kota Bandung : Peraturan Daerah nomor 3 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Retribusi di Bidang Perhubungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan pengujian kendaraan bermotor merupakan serangkaian kegiatan pengecekan bagian-bagian kendaraan yang diberlakukan pada kendaraan jenis angkutan umum dan barang. Adanya kebijakan ini bertujuan untuk menjaga kondisi kendaraan, menjamin keselamatan berkendara, serta mendukung pelestarian lingkungan. Kebijakan Pengujian Kendaraan Bermotor telah diatur dalam Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Retribusi di Bidang Perhubungan. Namun pada pelaksanaannya, masih ada kendaraan bermotor yang tidak melaksanakan pengujian kendaraan pada tahun 2020-2022. Selain itu, terdapat praktik percaloan yang menyebabkan tarif pengujian menjadi mahal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi kebijakan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Peneliti menggunakan teori efektivitas implementasi kebijakan menurut Riant Nugroho (2020) yaitu tepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan dan tepat proses. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian berdasarkan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdapat beberapa tahap yaitu 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data; serta 4) kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi pengumpulan data dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kebijakan pengujian kendaraan bermotor dapat dikatakan sudah cukup baik namun belum sepenuhnya berjalan dengan efektif. Hal tersebut karena terdapat beberapa permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaannya, seperti 1) masih ada kendaraan jenis angkutan umum yang tidak layak namun beroperasi di jalanan; 2) ketidakpuasan masyarakat dalam pelayanan; 3) masih ada target yang tidak melaksanakan kebijakan; 4) sanksi dan tindakan belum dapat memberikan efek jera pelaku pelanggaran; 5) masih ada praktik percaloan yang menyebabkan tarif uji menjadi mahal. Kemudian, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kebijakan pengujian kendaraan bermotor ini dipengaruhi oleh lima unsur manajemen seperti manusia, uang, bahan, mesin dan metode. Dari beberapa permasalahan yang ada, Dinas Perhubungan Kota Bandung perlu melakukan peningkatan upaya seperti pelayanan, sosialisasi dan pengawasan sehingga dapat mencapai efektivitas di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kebijakan publik; efektivitas; pengujian kendaraan bermotor; angkutan umum;
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Gita Aulia Fitriyani Setiawan
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:31
Last Modified: 19 Mar 2024 01:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85776

Actions (login required)

View Item View Item