Pengaruh Sabar dan Tawakal terhadap Stres Akademik pada mahasiswa Fakultas Manajemen Pemerintahan angkatan 31 : Studi kuantitatif di Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Raynaldi, Tresna (2023) Pengaruh Sabar dan Tawakal terhadap Stres Akademik pada mahasiswa Fakultas Manajemen Pemerintahan angkatan 31 : Studi kuantitatif di Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy

Abstract

Stres akademik merupakan stres yang terjadi dilingkungan akademik. Menyusun skripsi merupakan salah satu penyebab stres yang dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir. Apabila mahasiswa tidak bisa mengatasinya maka akan berdampak buruk bagi fisik maupun mental. Peneliti mengasumsikan bahwa sabar serta tawakal berpengaruh untuk mengatasi stres akademik yang terjadi pada mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi. Sabar merupakan sikap tabah dalam menghadapi berbagai masalah dan kesulitan. Sedangkan tawakal ialah berusaha semaksimal mungkin lalu menyerahkan segalanya kepada Allah. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh sabar dan tawakal terhadap stres akademik pada mahasiswa fakultas Manajemen Pemerintahan angkatan 31 Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif asosiatif kausal, karena peneliti ingin mencari pengaruh antara variabel independent terhadap variabel dependent. Data yang diperoleh merupakan hasil dari penyebaran angket kepada 33 mahasiswa angkatan 31 Fakultas Manajemen Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor. Pengolahan data dilakukan mengunakan SPSS IBM 26, menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan tingkat sabar pada mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 82% (mahasiswa mampu mengatasi stres akademik dengan tenang) . Untuk tingkat tawakal juga berada pada kategori tinggi dengan persentase 52% (Mahasiswa telah mampu menerapkan tawakal dengan cara berusaha semaksimal mungkin lalu menyerahkanya kepada Allah). Sedangkan tingkat stres akademik berada pada kategori sedang dengan persentase 52% (Mahasiswa merasakan kesulitan dakam membuat persepsi positif akan tetapi mereka mampu melewati tantangan tersebut). Sementara hasil analisis regresi linier berganda didapatkan hasil -0,297 untuk sabar dan -0,379 untuk tawakal, dengan determinasi koefisien sebesar 18,6%. Kesimpulanya bahwa sabar dan tawakal dapat menurunkan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir angkatan 31 Fakultas Manajemen Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sabar; Tawakal; Stres Akademik
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Stress
God
Islam Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Tresna Raynaldi
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:19
Last Modified: 20 Mar 2024 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85783

Actions (login required)

View Item View Item