Pengembangan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi fluida statis

Baehaqi, Rafly Ahmad (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe merupakan media yang digunakan dalam pembelajaran untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan media pembelajaran; 2) keterlaksanaan pembelajaran; 3) peningkatan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik setelah pembelajaran menggunakan media. Penelitian dilaksanakan dengan model Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE dengan sampel penelitian terdiri dari 32 peserta didik. Hasil penelitian diperoleh 1) kelayakan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe 86,14% dengan kriteria sangat layak; 2) keterlaksanaan pembelajaran dengan masing-masing pertemuan memiliki persentase 92%, 96%, dan 93% dengan kriteria sangat baik; 3) peningkatan minat belajar diperoleh persentase rata-rata keseluruhan 12% dengan nilai N-Gain 0,36 dengan interpretasi rendah; dan 4) peningkatan hasil belajar kognitif dengan nilai N-Gain 0,77 dengan interpretasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe ini dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; sparkol videoscribe; minat belajar; hasil belajar kognitif.
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rafly Ahmad Baehaqi
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:21
Last Modified: 21 Mar 2024 05:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85806

Actions (login required)

View Item View Item