Tenik komunikasi Ustadz dan Ustadzah dalam pembinaan hafalan santri Rumah Tahfidz Takhasus : Studi deskriptif di Rumah Tahfidz Takhasus Pemerintah Kabupaten Indramayu

Mumtaz, Moh. Fayyaz (2023) Tenik komunikasi Ustadz dan Ustadzah dalam pembinaan hafalan santri Rumah Tahfidz Takhasus : Studi deskriptif di Rumah Tahfidz Takhasus Pemerintah Kabupaten Indramayu. Masters thesis, UIN Sunan Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

Keberhasilan muhaffzh dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi antara muhafizh dan santrinya. Ketidak lancaran komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang disampaikan muhafizh. Ketidaklancaran komunikasi antara muhaffidz dan santri akan mengalami hambatan dalam meraih keberhasilan. Untuk mencapai keberhasilan interaksi dalam proses belajar mengajar diperlukan adanya komunikasi yang baik antara muhaffidz dan santri sehingga dapat tercapainya tujuan pengajaran dan pendidik. Demikian juga dengan keberhasilan santri dalam menghafal Al Qur’an sangat berhubungan erat dengan kualitas komunikasi yang terjalin antara muhaffidz dengan santri itu sendiri. Berdasarkan latar belakang masalah maka pertanyaan yang di ajukan peunulis yaitu: 1) Bagaimana komunikasi informatif muhafidz dalam pembinaan hafalan santri di rumah tahfidzh takhasus Pemerintah Kabupaten Indramayu. 2) Bagaimana komunikasi persuasif muhafidz dalam pembinaan hafalan santri di rumah tahfidzh takhasus Pemerintah Kabupaten Indramayu. 3) Bagaimana komunikasi koersif muhafidz dalam pembinaan hafalan santri di rumah tahfidzh takhasus Pemerintah Kabupaten Indramayu. 4) Bagaimana komunikasi human relation (hubungan manusia) muhafidz dalam pembinaan hafalan santri di rumah tahfidzh takhasus Pemerintah Kabupaten Indramayu. Penelitian in berutujuan untuk mengetahui Komunikasi Ustad-Santri Dalam Membina Santri Rumah Tahfidz Takhassus Pemerintah Kabupaten Indramayu di Desa Singaraja Kec. Indramayu Kab. Indramayu. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan penelitannya menggunakan kualitatif, dalam metodenya menggunakan deskriptif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, adapun teknik pengambilan datanya observasi, wawancara. Hasilnya komunikasi ustadz-santri dalam pembinaan santrinya menggunakan empat teknik 1) Teknik Komunikasi Persuasif (muhafizh merayu lemah lembut serta mengajak santri gunakan metode-metode terkait hafalan) 2) Teknik Komunkasi Informatif (muhafizh edukasi melalui pembelajaran kitab dasar) 3) Teknik Komunikasi Koersif (larangan untuk tidak keluar asrama dan membawa telfon genggam) 4) Teknik Komunikasi Hubungan Manusia (muhafizh menganggap anak santrinya seperti halnya anaknya sendiri). Adapun keberhasilannya 1) santri lebih giat lagi dalam meghafal karena muhafizh mengajak dengan cara lemah lembut 2) santri mengetahui tata krama serta ilmu fiqih dasar 3) santri mentaati peraturan yang muhafizh tegakkan 4) santri merasa nyaman serta di perhatikan penuh sehingga hafalan berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teknik Komunikasi; Pembinaan; Tahfizh; Santri; Muhafizh
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Applied Physics > Communication Engineering
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Moh. Fayyaz Mumtaz
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:01
Last Modified: 20 Mar 2024 04:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85850

Actions (login required)

View Item View Item