Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas peserta didik melalui kegiatan Muhadharah

Nurdini, Endah (2024) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas peserta didik melalui kegiatan Muhadharah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISII.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
3_BAB 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
4_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (BAB 3)
5_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB 4)
6_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB 5)
7_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Peran Pendidikan Islam dalam membentuk karakter dan perilaku peserta didik, khususnya melalui kegiatan Muhadharah di SMA Muara Madani. Pendidikan Islam bertujuan menginternalisasi nilai-nilai Ilahiyah dan Insaniah, dengan fokus pada pengembangan keimanan, kreativitas, dan kepercayaan diri peserta didik. Muhadharah menjadi wadah untuk melatih peserta didik berbicara di depan umum, menyampaikan pesan dakwah, dan mengatasi kendala seperti kurangnya kepercayaan diri. Penelitian ini muncul sebagai respons terhadap kendala-kendala tersebut, yang menjadi fokus penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengidentifikasi dan menganalisis: 1) Program, 2) Pelaksanaan, 3) Hasil, 4) Faktor pendukung dan penghambat dari internalisasi nilai–nilai Pendidikan Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas peserta didik melalui kegiatan muhadharah di SMA Muara Madani. Nilai-nilai Islam ditanamkan pada peserta didik melalui berbagai metode, termasuk kegiatan muhadharah. Dalam konteks ini, kepercayaan diri dipandang sebagai aspek kunci yang tumbuh melalui internalisasi nilai, berkontribusi pada peningkatan kreativitas peserta didik. Kegiatan muhadharah menjadi wadah untuk melatih peserta didik berbicara di depan umum, menyampaikan pesan dakwah, dan mengembangkan kemampuan komunikasi. Program ini diharapkan menciptakan pribadi yang berkarakter, percaya diri, kreatif, dan memberikan dampak positif dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode field research untuk mengeksplorasi konsep internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam di SMA Muara Madani. Pendekatan ini memungkinkan pemahaman holistik terhadap konteks, nilai-nilai, dan pengalaman peserta didik. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, dokumentasi, dan observasi, fokus pada pemahaman bagaimana internalisasi nilai-nilai Islam memengaruhi kepercayaan diri dan kreativitas peserta didik. Pendekatan kualitatif dan metode field research memberikan gambaran mendalam dan kontekstual terkait fenomena ini di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, muhadharah di SMA Muara Madani efektif dalam menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas peserta didik melalui program internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam. Meskipun terstruktur, program ini menghadapi tantangan seperti kurangnya bimbingan senior dan ketidaksesuaian kehadiran peserta. Meski demikian, muhadharah berhasil melatih rasa percaya diri, keberanian, tanggung jawab, dan kreativitas peserta didik. Program ini berperan penting dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pendidikan Islam dan meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum. Tantangan tersebut memerlukan upaya lebih lanjut untuk memastikan kesesuaian antara harapan dan realitas pelaksanaan muhadharah. Faktor pendukung melibatkan dukungan yayasan, pesantren, sekolah, dan guru-guru, sementara faktor penghambat melibatkan ketidakminatan dan ketakutan peserta didik, disiplin yang kurang, serta kurangnya kesadaran akan manfaat kegiatan muhadharah. Solusi dan pembenahan diperlukan agar muhadharah dapat lebih efektif dalam menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas peserta didik di SMA Muara Madani.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Muhadharah; Kepercayaan diri; kreativitas peserta didik;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endah nurdini
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:08
Last Modified: 20 Mar 2024 08:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85855

Actions (login required)

View Item View Item