Seftiani, Fani Bela (2023) Bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan untuk membentuk karakter Religiusitas remaja : Penelitian di SMP Pasundan Rancaekek kelas IX Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
Abstract
Masa remaja adalah sedang mencari jati diri, tidak mau dibatasi aturan diberikan oleh keluarga maka anak tidak sesuai perkembangannya. Pendidikan dari sekolah untuk mendapatkan keseimbangan perkembangan individu terutama moral dan agama. Faktanya remaja melakukan pelanggaran moral seperti rendahnya sopan santun, berbohong diperintah shalat berjamaah, kesadaran membaca Al-Qur’an. Maka dari itu pentingnya remaja memperdalam agama diberikannya bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan diberikan nilai islami upaya membentuk karakter religiusitas remaja Tujuan penelitian ini mengetahui program bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan, proses, dan hasil bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan untuk membentuk karakter religiusitas remaja di SMP Pasundan Rancaekek Penelitian ini bertolak dengan teori menurut Tokhari Musnamar, bimbingan keagamaan ialah proses bantuan kepada manusia untuk hidup selaras dengan ketentuan petunjuk yang diberikan tuhan sehingga yang dibantu dapat memperoleh kebahagian didunia dan diakhirat. (Bustomi, 2017:99). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, metode ini mengambarkan secara sistematis berupa fakta, actual,akurat dari lokasi penelitian berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kepada pihak terkait. Berdasarkan hasil penelitian bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan memiliki keberhasilan sesuai dengan tujuan yakni membentuk karakter religiusitas siswa ini terbiasa menjalankan ibadah wajib, sunnah dan membaca alqur’an hingga siswa mampu menjalankan kehidupan dengan nilai agama yang disamapaikan pembimbing. Siswa sebelum melakukan bimbingan kurang pemahaman agama, menjalankan ibadah ketika diperintah oleh orangtua dan perilaku tidak sopan. Setelah mengikuti bimbingan keagamaan terus-menerus siswa terbiasa menjalankan ibadah serta menjalankan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan; Bimbingan Keagamaan; Karakter Religiusitas |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Fani Bela Seftiani |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:13 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85887 |
Actions (login required)
View Item |