Bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan untuk membentuk karakter Religiusitas remaja : Penelitian di SMP Pasundan Rancaekek kelas IX Kabupaten Bandung

Seftiani, Fani Bela (2023) Bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan untuk membentuk karakter Religiusitas remaja : Penelitian di SMP Pasundan Rancaekek kelas IX Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja adalah sedang mencari jati diri, tidak mau dibatasi aturan diberikan oleh keluarga maka anak tidak sesuai perkembangannya. Pendidikan dari sekolah untuk mendapatkan keseimbangan perkembangan individu terutama moral dan agama. Faktanya remaja melakukan pelanggaran moral seperti rendahnya sopan santun, berbohong diperintah shalat berjamaah, kesadaran membaca Al-Qur’an. Maka dari itu pentingnya remaja memperdalam agama diberikannya bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan diberikan nilai islami upaya membentuk karakter religiusitas remaja Tujuan penelitian ini mengetahui program bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan, proses, dan hasil bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan untuk membentuk karakter religiusitas remaja di SMP Pasundan Rancaekek Penelitian ini bertolak dengan teori menurut Tokhari Musnamar, bimbingan keagamaan ialah proses bantuan kepada manusia untuk hidup selaras dengan ketentuan petunjuk yang diberikan tuhan sehingga yang dibantu dapat memperoleh kebahagian didunia dan diakhirat. (Bustomi, 2017:99). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, metode ini mengambarkan secara sistematis berupa fakta, actual,akurat dari lokasi penelitian berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kepada pihak terkait. Berdasarkan hasil penelitian bimbingan keagamaan dengan metode pembiasaan memiliki keberhasilan sesuai dengan tujuan yakni membentuk karakter religiusitas siswa ini terbiasa menjalankan ibadah wajib, sunnah dan membaca alqur’an hingga siswa mampu menjalankan kehidupan dengan nilai agama yang disamapaikan pembimbing. Siswa sebelum melakukan bimbingan kurang pemahaman agama, menjalankan ibadah ketika diperintah oleh orangtua dan perilaku tidak sopan. Setelah mengikuti bimbingan keagamaan terus-menerus siswa terbiasa menjalankan ibadah serta menjalankan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan; Bimbingan Keagamaan; Karakter Religiusitas
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fani Bela Seftiani
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:13
Last Modified: 21 Mar 2024 02:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85887

Actions (login required)

View Item View Item