Strategi pengembangan pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisata di Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang

Fauziy, Visio Fikriy (2024) Strategi pengembangan pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisata di Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Attractions Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata di Sumedang, 2) Mengetahui bagaimana Strategi Amenities Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata di Sumedang, 3) Mengetahui bagaimana Strategi Accesibility Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata di Sumedang, dan 4) Mengetahui bagaimana Strategi Hospitality Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata di Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deksiptif, Teori yang digunakan adalah teori pengembangan pariwisata yang dikemukakan oleh (Isdarmanto, 2017) yang terdiri dari empat indikator yaitu identifikasi daya tarik wisata (attractions), amenitas atau fasilitas pelayanan wisata (amenities), akses untuk mencapai tujuan wisata (aksesibilitas) dan keramahtamahan (hospitality). Data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya pendataan potensi wisata di kabupaten sumedang sehingga masih banyak objek wisata potensial yang terlewatkan untuk bisa diekspos dan turunannya dapat lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah juga. DISPARBUDPORA kabupaten sumedang belum sepenuhnya memegang kendali objek wisata yang ada sehingga masih kurang sinergis terhadap pengelola objek wisata, meski begitu program program yang ada dan melibatkan berbagai stakeholder utamanya pengelola sudah sangat baik. Pentingnya kerjasama dari berbagai pihak untuk mencapai pengembangan pariwisata yang optimal karena DISPARBUDPORA tidak bisa berjalan sendiri untuk mengembangkan pariwisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pariwisata; Pengembangan
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Visio Fikriy Fauziy
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:15
Last Modified: 21 Mar 2024 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85895

Actions (login required)

View Item View Item