Implementasi manajemen hubungan masyarakat melalui promosi produk : Studi deskriptif pada program Pasar Kreatif Bandung tahun 2022 oleh Dekranasda Kota Bandung

Yuniarti, Resti (2023) Implementasi manajemen hubungan masyarakat melalui promosi produk : Studi deskriptif pada program Pasar Kreatif Bandung tahun 2022 oleh Dekranasda Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Penyelenggaraan event menjadi semakin relevan sebagai upaya meningkatkan daya tarik kota serta potensinya dalam mendorong pertumbuhan sektor kreatif, juga perkembangan ekonomi dan budaya. Upaya tersebut sebagaimana yang dijalankan oleh Dekranasda Kota Bandung melalui pelaksanaan event pameran produk kerajinan dengan tema “Pasar Kreatif Bandung 2022.” Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan bagaimana realisasi manajemen humasterkait proses research, design, planning, coordination, dan evaluation dalam upaya mempromosikan produk kerajinan pada event Pasar Kreatif Bandung 2022 yang diimplementasikan oleh Dekranasda Kota Bandung, dengan menggunakan penerapan lima tahapan manajemen event menurut Goldblatt, dan juga didukung dengan konsep promotion mix yang dikembangkan oleh Kotler dan Amstrong. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui serangkaian wawancara dengan responden yang relevan, observasi partisipasi pasif, serta dokumentasi yang mencakup berbagai sumber informasi yang relevan. Pendekatan ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang pelaksanaan manajemen humas melalui promosi produk pada Pasar Kreatif Bandung 2022, melalui analisis yang mendalam terhadap aspek-aspek yang muncul dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dekranasda Kota Bandung telah melaksanakan manajemen humas dalam konteks mempromosikan produk pada event Pasar Kreatif Bandung 2022 dengan merujuk pada lima konsep promotion mix, yang meliputi advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Pengelolaan event Pasar Kreatif Bandung 2022 juga dilakukan melalui beberapa tahapan manajemen event, yakni research, design, planning, coordination, dan evaluation yang secara komprehensif mengelola promosi produk dan memberikan kontribusi yang lebih efektif dalam keberhasilan event tersebut. Penelitian telah mendeskripsikan implementasi yang terstruktur dari manajemen humas melalui promosi produk pada event Pasar Kreatif Bandung 2022 guna mengidentifikasi faktor-faktor utama yang berkontribusi terhadap keberhasilan penyelenggaraan acara tersebut. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memaparkan temuan, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam terkait dengan efektivitas manajemen humas dalam konteks promosi produk pada event Pasar Kreatif Bandung 2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Hubungan Masyarakat; Promosi; Event; Manajemen Event;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
General Management > Planning and Strategic Management
Public Performances > Management of Public Performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Resti Yuniarti
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:43
Last Modified: 22 Mar 2024 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85933

Actions (login required)

View Item View Item