Gaya hidup konsumtif mahasiswa dalam perspektif teori Postmodern Ekstream Jean Baudrillard : Studi pada mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2019 dalam penggunaan Online Shop

Ismail, Muhammad Iqbal (2024) Gaya hidup konsumtif mahasiswa dalam perspektif teori Postmodern Ekstream Jean Baudrillard : Studi pada mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2019 dalam penggunaan Online Shop. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi mengakibatkan kemunculan media-media yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada sistematika perubahan masyarakat, terutama pada gaya hidup. Gaya hidup yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi. Teknologi menjadi salah satu faktor munculnya online shop. Online shop ini membawa ciri dan nilai budaya yang baru sehingga dapat membentuk gaya hidup masyarakat, online shop ini di Indonesia sangat tinggi dalam penggunaannya terutama di kalangan mahasiswa yang sering berbelanja menggunakan online shop untuk mengikuti trend atau memiliki gaya hidup yang mewah, hal tersebut menjadi salah satu faktor munculnya gaya hidup konsumtif pada mahasiswa. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pengaruh terjadinya gaya hidup konsumtif pada mahasiswa dan mengetahui bagaimana gaya hidup konsumtif itu terjadi pada mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekstrim postmodern Jean Baudrillard (1981) teori ini menjelaskan bahwa terdapat perubahan pada nilai suatu barang sebagai aktivitas konsumsi dimana nilai barang didasarkan pada tanda dan symbol, bukan berdasarkan kegunaan yang dipengaruhi oleh media yang dieksploitasi sehingga mempengaruhi masyarakat dalam memandang kegunaan sehingga terjadi perubahan pada gaya hidup konsumtif masyarakat, terutama pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan studi dokumen. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi mengarah pada munculnya gaya hidup konsumtif mahasiswa hal ini menimbulkan dampak positif perilaku konsumtif mahasiswa menjadi kesempatan pengembangan usaha mahasiswa dan dampak negatif perilaku konsumtif akan mengakibatkan mahasiswa boros dalam berbelanja. Faktor penarik yang mengakibatkan perilaku konsumtif mahasiswa adalah iklan sebagai media promosi, diskon, produk yang beragam, serta harga yang murah. Selain itu, faktor pendorong dari perilaku konsumtif mahasiswa adalah dorongan untuk mengikuti tren serta rekomendasi teman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perubahan pemanfaatan teknologi akan mengakibatkan gaya hidup masyarakat mengalami transisi, termasuk perilaku dalam berbelanja yang menimbulkan perubahan cara pandang mahasiswa pada nilai suatu barang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup Konsumtif; Online Shop; Perubahan Sosial; Teori Ekstrim Jean Baudrillard.
Subjects: Education
Education > Sociology of Education
Commerce, Trade
Commerce, Trade > Retail Trade
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Iqbal Ismail
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:57
Last Modified: 25 Mar 2024 06:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85988

Actions (login required)

View Item View Item