Pengaruh metode Talaqqi terhadap kemampuan menghafal surat Al-Adiyat pada anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Halimatus Sa’diyyah Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung

Alfani, Zahrah Aghliya (2024) Pengaruh metode Talaqqi terhadap kemampuan menghafal surat Al-Adiyat pada anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Halimatus Sa’diyyah Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Pengajaran Al-Qur’an pada anak usia dini merupakan modal terbesar untuk membentuk pribadi-pribadi insani. Proses menghafal Al-quran, dengan menggunakan metode yang baik dan benar akan mempengaruhi proses pengajaran tersebut. Berdasarkan hasil observasi di RA Halimatus Sa’diyyah Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, diperoleh kenyataan bahwa siswa dan siswi disana masih ada yang kesulitan dalam proses menghafal Al-Qur’an. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan kemampuan menghafal anak antara melalui penggunaan metode talaqqi (kelas eksperimen) dengan metode ummi (kelas kontrol). Hal ini dibuktikan melalui uji t yang menunjukkan nilai thitung = 11,538 > ttabel = 1,734 dan dapat diinterpretasikan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan kemampuan menghafal anak antara menggunakan metode talaqqi dengan metode ummi di kelompok B RA Halimatus Sadiyyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi; Kemampaun Menghafal; Anak Usia Dini.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Zahrah Aghliya Alfani
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:27
Last Modified: 26 Mar 2024 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85993

Actions (login required)

View Item View Item