Putri, Nadia Rahma (2023) Interaksi sosial pedagang Multietnik di Pasar Tradisional : Studi deskriptif para pedagang di Pasar Tambun Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak-1.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari pasar tradisional yang merupakan tempat berkumpulnya para pedagang yang berasal dari daerah yang berbeda sehingga terdapat perbedaan latar belakang emosi, perilaku, identitas dan kepentingan yang sama menyebabkan perselisihan, persaingan, konflik antar pedagang dan membentuk simbol-simbol yang dilakukan pedagang dengan pedagang dan pedagang dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antar pedagang multietnik, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong interaksi pedagang multietnik, dan mengetahui solusi mengatasi penghambat interaksi pedagang multietnik. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah interaksionisme simbolik George Herbert Mead. Hal ini dapat dilihat dari komunikasi yang digunakan para pedagang dalam berinteraksi sosial dan konsep mind adalah cara berpikir atau cara pandang pedagang multietnik tentang dunianya dari segi ekonomi, self adalah bagaimana cara pandang konsumen dan pedagang terhadap Pasar Tambun, dan society dimana konsumen dan pedagang membentuk suatu simbol yang tercipta di ruang interaksi yakni Pasar Tambun. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif untuk memperoleh pengertian dan pemahaman suatu interaksi pedagang multietnik di lingkungan pasar Tambun Kabupaten Bekasi dan mengambil informasi dari informan dengan menggunakan pedoman wawancara yang telah dibuat. Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer berasal dari hasil wawancara dan sumber data sekunder berasal dari data profil UPTD pengelola pasar Tambun. Hasil penelitian ini menunjukkan interaksi berupa mind yaitu pedagang memandang dengan berdagang mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, self yaitu pedagang memandang pasar Tambun letaknya strategis sedangkan konsumen memandang Pasar Tambun adalah tempat berkumpulnya berbagai daerah dan menjadi kewajaran banyak cara pedagang multietnik yang dilakukan agar menarik minat konsumen, dan society dimana konsumen dan pedagang membentuk suatu simbol mulai dari simbol verbal “mampir sini di toko uda atau uni” dan simbol non verbal seperti menggelengkan kepala, memberi senyuman. Faktor pendorong interaksi seperti sikap empati pedagang dengan mengumpulkan uang takziah, faktor penghambat seperti perbedaan bahasa dengan solusi pedagang harus sering beradaptasi dengan pedagang lain dan takut akan kegoyahan terhadap adanya sistem pembayaran online dengan solusi pihak pasar memberikan sosialisasi kepada para pedagang tentang sistem pembayaran online.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedagang; Multietnik; Konsumen; Simbol |
Subjects: | Sociology and Anthropology, Society Culture and Institutions Communities > Community Sociology Commerce, Trade > Retail Trade |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Nadia Nadia Nadia Rahma Putri |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 01:44 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 01:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86048 |
Actions (login required)
View Item |