Firdaus, Dina Nisa (2024) Pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator Pedagogic Content Knowledge untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matemtis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
Abstract
Untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa, diperlukan proses pembelajaran matematika yang efektif dan efisien. Kualitas kinerja profesional pendidik tercermin dalam setiap tahap pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Salah satu keterampilan penting pendidik dalam merancang pembelajaran matematika yang efektif adalah teknologi-pedagogical content knowledge (TPCK). Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D), yang terdiri dari enam tahap: Identifikasi Masalah, Mendeskripsikan Tujuan, Desain dan Pengembangan Produk, Uji Coba Produk, Evaluasi Hasil Uji Coba, dan Komunikasi Hasil Uji Coba. Setelah diuji oleh validator ahli dan siswa, hasil rata-rata dari penilaian ahli media mencapai 80%, dengan kriteria valid. Validasi ahli materi menunjukkan hasil penilaian sangat valid dari validator 1 (93,33%) dan valid dari validator 2 (80%). Namun, uji efektivitas mengungkapkan bahwa hanya 24% siswa yang mampu mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan, menunjukkan tingkat efektivitas yang kurang efektif. Meskipun demikian, nilai rata-rata mencapai 50,37, dengan sembilan siswa melampaui nilai rata-rata, dan persentase ketuntasan mencapai 52,94%, dengan kriteria cukup efektif. Penggunaan media pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan smart apps creator dapat dioptimalkan dengan menghasilkan output yang berbeda untuk platform android,iOS dan web. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas media pembelajaran kepada lebih banyak siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPCK;Smart Apps Creator;Kemampuan Pemahaman Matematis;Design and Development. |
Subjects: | Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dina Nisa Firdaus |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 04:34 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 04:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86077 |
Actions (login required)
View Item |