Pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator Pedagogic Content Knowledge untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matemtis siswa

Firdaus, Dina Nisa (2024) Pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator Pedagogic Content Knowledge untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matemtis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa, diperlukan proses pembelajaran matematika yang efektif dan efisien. Kualitas kinerja profesional pendidik tercermin dalam setiap tahap pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Salah satu keterampilan penting pendidik dalam merancang pembelajaran matematika yang efektif adalah teknologi-pedagogical content knowledge (TPCK). Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D), yang terdiri dari enam tahap: Identifikasi Masalah, Mendeskripsikan Tujuan, Desain dan Pengembangan Produk, Uji Coba Produk, Evaluasi Hasil Uji Coba, dan Komunikasi Hasil Uji Coba. Setelah diuji oleh validator ahli dan siswa, hasil rata-rata dari penilaian ahli media mencapai 80%, dengan kriteria valid. Validasi ahli materi menunjukkan hasil penilaian sangat valid dari validator 1 (93,33%) dan valid dari validator 2 (80%). Namun, uji efektivitas mengungkapkan bahwa hanya 24% siswa yang mampu mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan, menunjukkan tingkat efektivitas yang kurang efektif. Meskipun demikian, nilai rata-rata mencapai 50,37, dengan sembilan siswa melampaui nilai rata-rata, dan persentase ketuntasan mencapai 52,94%, dengan kriteria cukup efektif. Penggunaan media pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan smart apps creator dapat dioptimalkan dengan menghasilkan output yang berbeda untuk platform android,iOS dan web. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas media pembelajaran kepada lebih banyak siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TPCK;Smart Apps Creator;Kemampuan Pemahaman Matematis;Design and Development.
Subjects: Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dina Nisa Firdaus
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:34
Last Modified: 27 Mar 2024 04:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86077

Actions (login required)

View Item View Item