Hubungan permainan How Good is Your Memory dengan perkembangan bahasa ekspresif : Penelitian korelasi di kelompok A RA Nurul Amal Kab. Bandung

Putri, Rengganis Kencana (2023) Hubungan permainan How Good is Your Memory dengan perkembangan bahasa ekspresif : Penelitian korelasi di kelompok A RA Nurul Amal Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
i cover-compressed.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ii abstrak-compressed.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
iii daftar isi-compressed.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
iv BAB I-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB II)
v BAB II-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB III)
vi BAB III-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB IV)
vii BAB IV-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB V)
viii BAB V-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ix Daftar pustaka-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemui di Kelompok A RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung karna perkembangan Bahasa Ekspresif anak belum semuanya berkembang dengan baik seperti terdapat anak yang belum dapat memahami bahasa, mengungkapkan bahasa, dan mengekspresikan ide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui aktivitas How good is your memory di Kelompok A RA Nurul Amal Kab Bandung; (2) Untuk mengetahui perkembangan Bahasa Ekspresif di Kelompok A RA Nurul Amal Kab Bandung; dan (3) Untuk mengetahui hubungan antara aktivitas permainan How Good is Your Memory dengan Perkembangan Bahasa Ekspresif di Kelompok A RA Nurul Amal Kab Bandung. Perkembangan Bahasa Ekspresif adalah kemampuan dalam mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal. Melalui permainan How Good is Your Memory perkembangan bahasa ekspresif mampu menstimulus anak agar membantu anak untuk berbicara secara teratur dan terstruktur, pembicaraan yang dapat dipahami oleh seseorang dan sanggup merespon baik positif maupun negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah kelompok A RA Nurul Amal Kab Bandung sebanyak 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan unjuk kerja. Hasil analisis data menunjukkan permainan How Good is Your Memory memperoleh nilai rata-rata sebesar 75. Angka ini berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Sedangkan memperoleh nilai rata-rata 78. Angka ini berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan Permainan How Good is Your Memory dengan Perkembangan Bahasa Ekspresif memperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,79. Angka koefisien korelasi ini berada pada interval 0,60 – 0,799 dengan kategori kuat atau tinggi. Hasil uji signifikan menunjukkan ℎ = 4,753 > ??? = 1,860. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Dengan kata lain, permainan How Good is Your Memory memiliki hubungan yang positif dengan Perkembangan Bahasa Ekspresif di kelompok A RA Nurul Amal Kab Bandung. Adapun kontribusi permainan How Good is Your Memory terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak usia dini sebesar 62,41%. Artinya, masih ada 37,59% faktor lain yang mempengaruhi Perkembangan Bahasa Ekspresif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendidikan anak usia dini; permainan; how good is your memory; perkembangan bahasa ekspresif anak.
Subjects: Human Physiology
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Rengganis Ganis Kencana
Date Deposited: 03 Apr 2024 01:52
Last Modified: 03 Apr 2024 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86081

Actions (login required)

View Item View Item