Gunawan, Arief (2024) Implementasi nilai-nilai sufistik dalam pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover_watermark.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrack_watermark.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar_Isi_watermark.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB_1_watermark.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB_2_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB III)
BAB_3_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB_4_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB V)
BAB_5_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana integrasi nilai-nilai sufistik dalam konteks pendidikan lingkungan. Penelitian ini untuk menggali bagaimana pemahaman dan penerapan nilai-nilai sufistik dalam proses pembelajaran dan pengembangan sikap terhadap lingkungan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan siswa-siswi dan pengajar Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa-siswi kelas 9 dan 1 orang pengajar, terdiri dari 8 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi, kemudia melakukan wawancara kepada subjek penelitian untuk mengambil lebih banyak data. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai syukur, zuhud, mahabbah, dan sabar dalam pendidikan lingkungan hidup yang dilakukan di Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta. Integrasi nilai-nilai tersebut dapat memperbanyak pengalaman belajar siswa, mengembangkan kepedulian terhadap alam, dan menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih dalam tentang implementasi nilai-nilai sufistik dalam konteks pendidikan lingkungan, sementara juga memberikan dasar bagi pengembangan kurikulum yang berfokus pada keberlanjutan dan pemahaman holistik terhadap alam. Kata kunci : Sufistik, Pendidikan, Lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sufistik; pendidikan; lingkungan; tasawuf |
Subjects: | Islam Education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Arief Arief Gunawan |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:02 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86108 |
Actions (login required)
View Item |