Gunawan, Arief (2024) Implementasi nilai-nilai sufistik dalam pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  | 
            
              
Text (COVER)
 Cover_watermark.pdf Download (289kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text (ABSTRAK)
 Abstrack_watermark.pdf Download (232kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text (DAFTAR ISI)
 Daftar_Isi_watermark.pdf Download (402kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text (BAB I)
 BAB_1_watermark.pdf Download (1MB) | Preview  | 
          |
| 
              
Text (BAB II)
 BAB_2_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB)  | 
          ||
| 
              
Text (BAB III)
 BAB_3_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB)  | 
          ||
| 
              
Text (BAB IV)
 BAB_4_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB)  | 
          ||
| 
              
Text (BAB V)
 BAB_5_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB)  | 
          ||
| 
              
Text (DAFTAR PUSTAKA)
 Daftar_Pustaka_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana integrasi nilai-nilai sufistik dalam konteks pendidikan lingkungan. Penelitian ini untuk menggali bagaimana pemahaman dan penerapan nilai-nilai sufistik dalam proses pembelajaran dan pengembangan sikap terhadap lingkungan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan siswa-siswi dan pengajar Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa-siswi kelas 9 dan 1 orang pengajar, terdiri dari 8 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi, kemudia melakukan wawancara kepada subjek penelitian untuk mengambil lebih banyak data. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai syukur, zuhud, mahabbah, dan sabar dalam pendidikan lingkungan hidup yang dilakukan di Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta. Integrasi nilai-nilai tersebut dapat memperbanyak pengalaman belajar siswa, mengembangkan kepedulian terhadap alam, dan menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih dalam tentang implementasi nilai-nilai sufistik dalam konteks pendidikan lingkungan, sementara juga memberikan dasar bagi pengembangan kurikulum yang berfokus pada keberlanjutan dan pemahaman holistik terhadap alam. Kata kunci : Sufistik, Pendidikan, Lingkungan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sufistik; pendidikan; lingkungan; tasawuf | 
| Subjects: | Islam Education  | 
        
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi | 
| Depositing User: | Arief Arief Gunawan | 
| Date Deposited: | 06 May 2024 02:02 | 
| Last Modified: | 06 May 2024 02:02 | 
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86108 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        


