Implementasi nilai-nilai sufistik dalam pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta

Gunawan, Arief (2024) Implementasi nilai-nilai sufistik dalam pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover_watermark.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrack_watermark.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar_Isi_watermark.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB_1_watermark.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB_2_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB_3_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB_4_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB_5_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana integrasi nilai-nilai sufistik dalam konteks pendidikan lingkungan. Penelitian ini untuk menggali bagaimana pemahaman dan penerapan nilai-nilai sufistik dalam proses pembelajaran dan pengembangan sikap terhadap lingkungan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan siswa-siswi dan pengajar Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa-siswi kelas 9 dan 1 orang pengajar, terdiri dari 8 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi, kemudia melakukan wawancara kepada subjek penelitian untuk mengambil lebih banyak data. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai syukur, zuhud, mahabbah, dan sabar dalam pendidikan lingkungan hidup yang dilakukan di Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta. Integrasi nilai-nilai tersebut dapat memperbanyak pengalaman belajar siswa, mengembangkan kepedulian terhadap alam, dan menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih dalam tentang implementasi nilai-nilai sufistik dalam konteks pendidikan lingkungan, sementara juga memberikan dasar bagi pengembangan kurikulum yang berfokus pada keberlanjutan dan pemahaman holistik terhadap alam. Kata kunci : Sufistik, Pendidikan, Lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sufistik; pendidikan; lingkungan; tasawuf
Subjects: Islam
Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Arief Arief Gunawan
Date Deposited: 06 May 2024 02:02
Last Modified: 06 May 2024 02:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86108

Actions (login required)

View Item View Item