Pengaruh intervensi norma sosial terhadap perilaku menyontek pada siswa sma x

Anggit, Diamond Roro (2018) Pengaruh intervensi norma sosial terhadap perilaku menyontek pada siswa sma x. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena bahwa sistem pendidikan yang ada disetiap sekolah saat ini ialah dengan menggunakan ujian sebagai evaluasi untuk melihat kemampuan siswa yang membuat tujuan pembelajaran menjadi hanya mendapat nilai yang tinggi dan lulus ujian. Dampak evaluasi yang mementingkan aspek kognitif dari pada afektif, membuat siswa menggunakan jalan pintas yang tidak jujur dan curang yaitu dengan cara melakukan perilaku menyontek. Terkait kondisi tersebut diperlukan sebuah penanganan, yaitu dengan memberikan intervensi norma sosial. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi norma sosial terhadap perilaku menyontek. Metode penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan two group pretest posttest. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas XI yang terdiri dari kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 29 siswa. Kelompok eksperimen diberikan intervensi berupa spanduk dan poster selama satu bulan. Alat ukur menggunakan survey norma sosial dari Berkowitz (2004) yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, tingkat perilaku menyontek saat pretest pada CG dan EG lebih banyak pada kategori tinggi. Kedua, tingkat perilaku menyontek saat posttest pada CG mengalami peningkatan dan EG mengalami penurunan. Ketiga, intervensi norma sosial tidak berpengaruh terhadap mispersepsi perilaku menyontek. Keempat, intervensi norma sosial tidak berpengaruh terhadap perilaku menyontek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intervensi norma sosial; perilaku menyontek; quasi experimental
Subjects: Social Process > Social Norms
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Diamond roro Anggit
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:24
Last Modified: 25 Apr 2018 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/8620

Actions (login required)

View Item View Item