Anggit, Diamond Roro (2018) Pengaruh intervensi norma sosial terhadap perilaku menyontek pada siswa sma x. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
||
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena bahwa sistem pendidikan yang ada disetiap sekolah saat ini ialah dengan menggunakan ujian sebagai evaluasi untuk melihat kemampuan siswa yang membuat tujuan pembelajaran menjadi hanya mendapat nilai yang tinggi dan lulus ujian. Dampak evaluasi yang mementingkan aspek kognitif dari pada afektif, membuat siswa menggunakan jalan pintas yang tidak jujur dan curang yaitu dengan cara melakukan perilaku menyontek. Terkait kondisi tersebut diperlukan sebuah penanganan, yaitu dengan memberikan intervensi norma sosial. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi norma sosial terhadap perilaku menyontek. Metode penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan two group pretest posttest. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas XI yang terdiri dari kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 29 siswa. Kelompok eksperimen diberikan intervensi berupa spanduk dan poster selama satu bulan. Alat ukur menggunakan survey norma sosial dari Berkowitz (2004) yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, tingkat perilaku menyontek saat pretest pada CG dan EG lebih banyak pada kategori tinggi. Kedua, tingkat perilaku menyontek saat posttest pada CG mengalami peningkatan dan EG mengalami penurunan. Ketiga, intervensi norma sosial tidak berpengaruh terhadap mispersepsi perilaku menyontek. Keempat, intervensi norma sosial tidak berpengaruh terhadap perilaku menyontek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intervensi norma sosial; perilaku menyontek; quasi experimental |
Subjects: | Social Process > Social Norms |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Diamond roro Anggit |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 07:24 |
Last Modified: | 25 Apr 2018 07:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/8620 |
Actions (login required)
View Item |