Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Japfa Commfeed Indonesia tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2022

Zidan, Muhammad Alfin (2024) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Japfa Commfeed Indonesia tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya tingkat profitabilitas yang mana menjadi daya tarik untuk para investor melakukan penanaman modalnya pada perusahaan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Yang dapat dilihat pada Return on Equity (ROE). Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) adalah rasio yang biasa digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajibannya yang berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisa dan mendeskripsikan pengaruh Current Ratio (CR) Dan Net Profit Margin (NPM) baik secara parsial maupun simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT.Japfa Comfeed Indonesia TBK yang terdaftar di Jakrta Islamic Index Periode 2013-2022. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori serta hasil analisis yang telah dikemukakan oleh peneliti sebelumnya, yang menyatakan bahwa Current Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data penelitian, yakni jenis data kuantitatif dengan sumber data sekunder dari Laporan Keuangan tahunan PT.Japfa Comfeed ,TBK yang dipublikasikan pada website www.japfacomfeed.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikasi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa Current Ratio (CR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 1,5% dan hasil uji T sebesar (0,353< 2,306) dengan nilai signifikan (0,733 > 0,05). Secara parsial Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 94,9% dan hasil uji T sebesar (12,191 > 2,306) dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Secara simultan Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 95,1% (67,554 > 4,737) dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Sedangkan sisanya sebesar 4,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Net Profit Margin (NPM); Return On Equity (ROE)
Subjects: Accounting
General Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Alfin Zidan
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:14
Last Modified: 02 Apr 2024 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86216

Actions (login required)

View Item View Item