Pembelajaran Three Step Interview berbantuan Wizer.me untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning

Rahayu, Galuh (2024) Pembelajaran Three Step Interview berbantuan Wizer.me untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning siswa pada materi Turunan Fungsi Aljabar melalui pembelajaran Three Step Interview berbantuan Wizer.me. Kelas XII TKJ 2 dipilih sebagai kelas eksperimen sedangkan XII TKJ 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal model komunikasi matematis dan kurangnya kesadaran siswa dalam mempelajari matematika di luar pembelajaran, serta kepasifan siswa selama pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Three Step Interview dengan bantuan platform Wizer.me. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran Three Step Interview berbantuan Wizer.me lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, dengan rerata nilai gain ternormalisasi sebesar 0,59 di kelas eksperimen dan 0,40 di kelas kontrol. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan dalam self-regulated learning siswa yang mendapat pembelajaran tersebut, dengan rerata nilai gain ternormalisasi sebesar 0,10 di kelas eksperimen dan 0,09 di kelas kontrol. Sikap siswa terhadap pembelajaran Three Step Interview berbantuan Wizer.me juga secara keseluruhan terkategori positif. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Three Step Interview; Komunikasi Matematis; Self Regulated Learning; Wizer.me
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Galuh Rahayu
Date Deposited: 03 Apr 2024 01:46
Last Modified: 03 Apr 2024 01:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86229

Actions (login required)

View Item View Item