Implementasi metode Tasmi' dan Muroja'ah Al-Qur'an untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Nurhalimah, Siti (2024) Implementasi metode Tasmi' dan Muroja'ah Al-Qur'an untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
ABSTRAK.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I Tesis.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAlB III Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAlB IV Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAlB V Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan pada motivasi belajar dan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa yang masih berkategori rendah pada mata pelajaran PAI. Selama ini pendidik telah menggunakan metode konvensional dengan cara ceramah secara maksimal sesuai dengan RPP yang telah dibuat dengan memperhatikan faktor pendukungnya. Akan tetapi, hasil yang diperoleh banyak yang belum mencapai KKM. Dengan demikian, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI yaitu dengan menggunakan metode Tasmi’. Metode Tasmi’ mengacu pada teknik membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar, sementara metode Muroja’ah melibatkan praktik ulangan dan pengulangan secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Pelaksanaan Metode Tasmi’ dan Muroja’ah dalam mata pelajaran PAI di SDSI Fathimah Azzahra Sumedang. 2) Menganalisis Perbedaan Motivasi Belajar siswa yang menggunakan Metode Tasmi’, Murojaah dan konvensional dengan cara ceramah siswa kelas V SDSI Fathimah Azzahra Sumedang. 3) Menganalisis Perbedaan Kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa yang menggunakan Metode Tasmi’, Muroja’ah dan konvensional dengan cara ceramah kelas SDSI Fathimah Azzahra Sumedang. 4) Pengaruh Metode Tasmi dan Murojaah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan hafalan Al-Qur’an Siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berdasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa metode Tasmi’ dan Muroja’ah menekankan pada kemampuan hafalan peserta didik serta memberikan motivasi belajar pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah jenis nonequivalent (pretest and posttest) control group design yang dilakukan dengan cara tatap muka. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini terdiri atas observasi, angket dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Tasmi’ dan Muroja’ah Al-Qur’an secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan mereka dalam menghafal Al-Qur’an. Implikasi praktis dari penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan metode yang efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an, yang dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SDSI Fathimah Azzahra Cimanggung Sumedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode; tasmi'; muroja'ah
Subjects: Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nurhalimah
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:42
Last Modified: 22 Apr 2024 00:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86368

Actions (login required)

View Item View Item