Pengaruh motivasi dari pembimbing asrama terhadap kedisiplinan santri dalam mematuhi tata tertib Pondok Pesantren: penelitian pada santri kelas 8 di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang

Salsabil, Alya Salwa (2024) Pengaruh motivasi dari pembimbing asrama terhadap kedisiplinan santri dalam mematuhi tata tertib Pondok Pesantren: penelitian pada santri kelas 8 di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTARAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Isu mengenai disiplin santri merupakan permasalahan umum yang dihadapi oleh seluruh lembaga pendidikan, tidak hanya di pesantren atau sekolah-sekolah umum Indonesia, tetapi juga di berbagai sekolah di seluruh dunia. Kondisi ini menjadi fokus perhatian bagi pembimbing asrama dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang timbul. Untuk mengatasi masalah tersebut, pembimbing asrama telah memberikan pemahaman kepada santri mengenai pentingnya disiplin, memberikan arahan, petunjuk, dan motivasi sebagai upaya penyelesaian yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi dari pembimbing asrama terhadap kedisiplinan santri dalam mengikuti tata tertib di pondok pesantren. Berdasarkan indikator yang digunakan, yaitu motivasi dari pembimbing asrama melibatkan pujian, nasehat, semangat, hukuman, dan meniru sesuatu, sementara kedisiplinan santri diukur melalui kesadaran diri, ketaatan, penggunaan alat pendidikan, dan respons terhadap hukuman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menerapkan teknik analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penggunaan skala. Objek penelitian ini yaitu 72 santri kelas 8 di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dari pembimbing asrama memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kedisiplinan santri dalam mematuhi tata tertib pondok pesantren, seperti yang terindikasikan oleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Besarnya pengaruh motivasi dapat dilihat dari nilai R square sebesar 0.232, yang menunjukkan bahwa sekitar 23.2% dari tingkat kedisiplinan santri dapat dipengaruhi oleh motivasi dari pembimbing asrama, sementara faktor lain di luar penelitian turut mempengaruhi sisanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi: Kedisiplinan
Subjects: Islam > Islam and Secular Disciplines
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Alya Salwa Salsabil
Date Deposited: 14 May 2024 07:29
Last Modified: 14 May 2024 07:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86518

Actions (login required)

View Item View Item