Penyaluran Zakat Fitrah di Masjid Nurus Syukri Kelurahan Sukamulya Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Farhan, Aditya (2023) Penyaluran Zakat Fitrah di Masjid Nurus Syukri Kelurahan Sukamulya Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan zakat di masjid Nurus Syukri yang ditandai dengan era globalisasi, pasti menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang sangat kompleks. Penetrasi gelombang budaya asing yang bersifat destruktif mendorong para pengelola masjid untuk mempersiapkan manajemen yang lebih baik dan berkualitas. Salah satunya adalah bagaimana menjadikan masjid bukan hanya tempat untuk beribadah ritual, tetapi juga memposisikan masjid sebagai tempat yang memiliki multifungsi yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosial dan fungsi ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip – prinsip syariah pada Penyaluran Zakat di Masjid Nurus Syukri Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung. Dalam penyaluran zakat fitrah harus sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah secara menyeluruh sesuai aturan – aturan yang berlaku. Teori yang digunakan adalah teori penyaluran zakat fitrah dalam perspektif hukum ekonomi syari’ah. Teori yang digunakan berdasarkan syari’ah yang terjadi pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam menggumpulkan data yang di butuhkan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Sedangkan di dalam pembahasannya digunakan metode analisa kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, maka diperoleh hasil bahwa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan maupun pengawasan yang telah dilakukan di Masjid Nurus Syukri, secara keseluruhan telah memenuhi kriteria menurut hukum ekonomi syari’ah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat Fitrah;Masjid Nurus Syukri;Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fitrah
General Management > Marketing Distribution
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Aditya Farhan
Date Deposited: 26 Apr 2024 09:17
Last Modified: 26 Apr 2024 09:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86576

Actions (login required)

View Item View Item