Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VIII SMP Sinar Islam Asia Pasific Kabupaten Bogor

Nurhikmah, Siti (2024) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VIII SMP Sinar Islam Asia Pasific Kabupaten Bogor. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa yang masih rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan berpusat kepada guru, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Dengan demikian, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada mata pelajaran PAI, perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dan metode ceramah pada mata pelajaran PAI, perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dan metode ceramah pada mata pelajaran PAI serta respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada mata pelajaran PAI.Kerangka pemikiran penelitian ini memadukan dari beberapa teori, yaitu: Spencer Kagan, Yuliana Wati Dewi, Nadia Monika dan Susi Sulastri Lubis. Simpulan dari beberapa teori tersebut bahwa implementasi model talking chips dalam pembelajaran PAI menciptakan suasana kelas menjadi lebih aktif. Sehingga siswa memiliki motivasi tinggi dan hasil belajar yang diperoleh siswa juga tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta metode quasi eksperimen jenis non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 24 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara,angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji statistik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dalam pembelajaran PAI menciptakan suasana kelas menjadi lebih aktif. Motivasi belajar siswa dengan model talking chips memperoleh nilai rata-rata 4,23 dan termasuk kategori sangat tinggi. Sedangkan motivasi belajar siswa dengan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 3,87 dan termasuk kategori tinggi. Hasil belajar kognitif siswa dengan model talking chips memperoleh nilai rata-rata 80,00 dan termasuk kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa dengan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 73,26 dan termasuk kategori baik. Respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking chips memperoleh nilai rata-rata 4,03 dan termasuk kategori tinggi.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan kepada para guru untuk mengimplementasikan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe talking chips untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Tipe Talking Chips; Motivasi; Hasil Belajar Kognitif;
Subjects: Islam
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nurhikmah
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:55
Last Modified: 29 Apr 2024 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86613

Actions (login required)

View Item View Item