Khotimah, Teni Husnul (2023) Pengembangan media pembelajaran Video Powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Gelombang Bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran berupa video menjadi solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, khusus nya pada materi fisika yang cukup sulit untuk di visualisasikan ketika tidak bisa dilihat secara kasat mata, sebagai contoh materi gelombang bunyi, fokus penelitian ini yaitu pada pengembangan media pembelajaran video powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran video powtoon pada materi gelombang bunyi, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video powtoon pada materi gelombang bunyi, dan (3) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video powtoon pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Sampel penelitian adalah peserta didik SMA Angkasa Lanud Sulaiman Margahayu, kelas XI IPA 1 sebanyak 31 orang. Teknik analisis data yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar observasi, perolehan skor lembar kerja peserta didik, N-gain dan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) media pembelajaran video powtoon dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi gelombang bunyi dengan koefisien validitas menggunakan teknik gregory memperoleh nilai sebesar 1 memiliki interpretasi sangat tinggi, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi dikategorikan sangat baik dengan persentase yang diperoleh aktivitas guru sebesar 89% dan aktivitas peserta didik sebesar 88%, dan (3) penggunaan media pembelajaran video powtoon dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,69 dan nilai signifikansi yang digunakan adalah 5% dengan nilai tabel sebesar 3,03 dengan perolehan nilai thitung sebesar 52,71 sehingga thitung>ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang setelah diterapkannya media pembelajaran video powtoon pada materi gelombang bunyi. Kata Kunci: Video Powtoon, Keterampilan Berpikir Kritis, Gelombang Bunyi, Pendidikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Powtoon; Keterampilan Berpikir Kritis; Gelombang Bunyi; Pendidikan |
Subjects: | Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Teni Husnul Khotimah |
Date Deposited: | 02 May 2024 01:07 |
Last Modified: | 02 May 2024 01:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86654 |
Actions (login required)
View Item |